-->

5 Cara Memakai Ragi Instan Agar Adonan Mengembang

 

cara memakai ragi instan - gambar kompas.com

5 Cara Memakai Ragi Instan Agar Adonan Mengembang

Dalam membuat adonan roti atau donat agar mengembang, bunda dapat memakai ragi instan. Ragi instan mempermudah untuk memperoleh hasil roti yang empuk. Cara memakai ragi instan atau ragi kering juga cukup mudah.

 

Berikut ini beberapa cara sederhana yang dapat dicoba untuk memakai ragi instan agar adonan bisa mengembang yang bisa diterapkan.

 

1. Memakai Air Hangat Suam-Suam Kuku

Air yang dipakai untuk melarutkan ragi sebaiknya bersuhu antara 37 - 43 derajat celcius. Jika air yang dipakai terlalu dingin, maka ragi tidak akan bisa aktif. Sementara jika air terlalu panas, ragi menjadi mati. Lima gram ragi instan dapat dilarutkan dengan setengah gelas air hangat untuk membuat adonan roti atau kue.

 

2. Tambahkan Gula Dalam Larutan Ragi

Siapkan 1 atau 2 sdm gula pasir untuk setengah gelas larutan ragi yang akan digunakan. Gula berfingsi bukan hanya membuat larutan ragi terasa manis, tetapi juga memberi nutrisi pada ragi supaya dapat termetabolisme dengan baik.

 

3. Aduk Dengan Cepat

Saat gula, ragi, dan juga air telah tercampur, maka segera aduk dengan cepat. Pastikan ragi benar-benar larut dan tidak ada yang bergerindil. Jika masih terdapat butiran kasar, aduk kembali sampai semua larut.

 

4. Diamkan Larutan Ragi Selama 10 Menit

Diamkan larutan ragi selama kurang lebih 10 menit. Bunda bisa mendiamkannya pada wadah dan diamkan pada suhu ruang. Jika dalam 10 menit, muncul gelembung serta buih pada permukaan air, tandanya ragi telah aktif dan siap digunakan. Ragi juga dapat langsung dipakai untuk membuat adonan kue.

 

5. Tuangkan Larutan Ragi Sedikit Demi Sedikit

Menuangkan larutan ragi sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung berfungsi supaya memudahkan proses pengulenan adonan dan membantu kita memperoleh tekstur adonan yang diinginkan. Ragi yang telah aktif sebaiknya segera digunakan supaya hasil adonan dapat mengembang sempurna.

 

Nah, itu tadi beberapa cara memakai ragi instan agar adonan mengembang yang bisa diterapkan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

Baca juga : Cara Membuat Marshmallow Sendiri di Rumah

LihatTutupKomentar