-->

5 Cara Menggoreng Ayam Agar Empuk (Tidak Alot)

 

cara menggoreng ayam agar empuk dan tidak alot

5 Cara Menggoreng Ayam Agar Empuk (Tidak Alot)

Apakah bunda pernah menggoreng daging ayam namun hasilnya keras dan alot? Agar daging ayam empuk dan tidak alot ketika digoreng, terdapat sejumlah cara dan tips yang harus diperhatikan.

 

Berikut ini 5 cara menggoreng ayam agar empuk dan tidak alot yang bisa dicoba Dimulai cara penyiapan daging ayam sampai proses menggoreng. Yuk, simak tips menggoreng ayam berikut ini.

 

1. Rendam Daging Ayam Menggunakan Bumbu Marinasi

Cara pertama yang harus dilakukan adalah daging ayam dimarinasi di dalam bumbu kemudian dimasukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 1 jam. Bumbu yang lebih meresap, membuat daging ayam menjadi bisa lebih lezat saat digoreng. Bumbu marinasi sederhana yang dapat dipakai yaitu bawang putih. Bawang putih dapat menjadi bumbu dasar yang dipakai untuk merendam atau membaluri daging ayam sebelum digoreng.

 

2. Tusuk Daging Ayam

Daging ayam pada bagian dada umumnya keras ketika digoreng. Untuk mengakalinya, bunda dapat menusuk-nusuk permukaan daging supaya serat-seratnya lebih lunak dan  ketika digoreng bisa jadi lebih empuk. Bunda dapat memakai garpu atau tusuk gigi untuk menusuk-nusuk permukaan daging ayam sebelum digoreng.

 

3. Pastikan Minyak Benar-Benar Panas

Pastikan minyak benar-benar sudah panas sebelum daging ayam dimasukkan ke dalam wajan. Panaskan minyak goreng terlebih dahulu menggunakan api kecil hingga minyak benar-benar panas, kemudian masukkan daging ayam baru kemudian besarkan api sedikit. Selain itu, daging ayam juga harus terendam sempurna di dalam minyak supaya matangnya merata. Minyak goreng yang digunakan juga sebaiknya yang masih baru agar rasanya lebih renyah dan gurih.

 

4. Daging Ayam Ukuran Besar, Diungkep Lebih Dulu

Daging ayam dapat langsung digoreng tanpa diungkep jika berukuran kecil. Tetapi, jika potongan ayam berukuran besar sebaiknya untuk mengukep daging ayam (merebus dengan bumbu) terlebih dahulu. Dengan begini, hasilnya menjadi lebih empuk dan lebih lezat karena bumbu lebih meresap.

 

5. Goreng Daging Ayam Dengan Sekali Balik

Setelah daging ayam dimasukkan, tunggu hingga warnanya berubah menjadi agak kecokelatan. Baru kemudian balik sisi satunya. Setelah itu jika sudah tampak berwarna kecokelatan dan merata, angkat dan tiriskan. Cara ini dapat dilakukan jika ingin memperoleh hasil daging ayam yang lebih renyah pada bagian luarnya.

 

Itulah tadi cara menggoreng ayam agar empuk dan tidak alot. Semoga tips ini bermanfaat dan jangan lupa share.

Baca juga : Cara Membuat Ayam Kentucky Tepung Sajiku

LihatTutupKomentar