-->

Cara Membuat Marshmallow Sendiri di Rumah

 

cara membuat marshmallow

Cara Membuat Marshmallow Sendiri di Rumah

Jika cuaca sedang hujan dan hawa terasa dingin, enaknya kita nonton film favorit ditemani secangkir cokelat panas. Cokelat panas akan lebih nikmat jika diberi topping whipping cream dan juga marshmallow.

 

Namun harga sebungkus marshmallow lumayan juga buat kantong dan langsung habis seketika. Tetapi sekarang bunda bisa membuat marshmallow sendiri di rumah cuma memakai 5 bahan saja. Yuk simak cara membuat marshmallow sendiri di rumah berikut ini.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan A :

- 1/2 cup air panas

- 2 sdm gelatin bubuk

 

Bahan B :

- 250 gr gula pasir

- 1/2 cup air

- 1 sdt ekstrak vanilla

- Tepung maizena secukupnya

 

Alat-alat yang dibutuhkan :

- Mangkok kecil

- Sendok

- Whisk

- Panci sedang

- Bowl sedang

- Mixer

- Loyang plastik

- Spatula

- Talenan

- Pisau

 

Cara Membuat Marshmallow

- Langkah pertama campurkan semua bahan A ke dalam mangkok yang sudah disiapkan. Aduk dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Sisihkan.

- Selanjutnya masukan gula pasir dan juga air ke dalam panci. Masak dengan api sedang. Aduk-aduk sampai gula pasir larut dan mengental.

- Kecilkan api. Masukkan campuran bahan A yang telah di aduk terlebih dahulu. Aduk-aduk selama kurang lebih 2 menit atau sampai adonan mengental kemudian angkat.

- Tuangkan adonan marshmallow ke dalam bowl. Diamkan selama kurang lebih 5 menit atau hingga suhu adonan tidak terlalu panas.

- Kocok memakai mixer dengan kecepatan tinggi selama 10 menit atau hingga adonan berubah menjadi putih bersih serta fluffy. Kemudian tambahkan ekstrak vanilla lalu kocok lagi sampai rata.

- Tuangkan adonan marshmallow ke dalam loyang plastik yang telah ditaburi dengan tepung maizena dan ratakan. Diamkan selama 5 sampai 6 jam.

- Keluarkan marshmallow dari loyang plastik kemudian letakkan di atas talenan yang telah ditaburi dengan tepung maizena. Potong-potong marshmallow sesuai selera.

- Gulirkan marshmallow yang telah dipotong ke dalam tepung maizena sekali lagi.

- Marshmallow sudah jadi dan siap dinikmati.

 

marshmallow

Tips Pembuatan Marshmallow

Adonan marshmallow cepat sekali set, maka tuangkan adonan dengan cepat ke dalam loyang supaya hasil yang didapatkan lebih banyak. Supaya lebih mudah dikeluarkan dari loyang plastik, bunda dapat mengolesi permukaan loyang memakai cooking spray atau bisa juga minyak kelapa. Minyak goreng juga tidak apa-apa tetapi jangan yang sudah dipakai untuk menggoreng.

 

Supaya lebih awet, simpan marshmallow pada wadah tertutup serta kedap udara. Bunda dapat menambahkan essens favorit dan juga pewarna makanan kesukaan. Rendam terlebih dahulu gagang pengaduk mixer dan juga bowl yang tadi dipakai untuk mengocok marshmallow memakai air panas supaya memudahkan dalam proses pencucian.

 

Selain cocok untuk topping cokelat panas, marshmallow ini juga dapat dipakai untuk isian roti bakar dan makanan yang lainnya. Nah, itu tadi cara membuat marshmallow yang bisa bunda coba di rumah. Semoga bermanfaat


Baca juga : Cara Membuat Es Pisang Ungu

LihatTutupKomentar