-->

3 Cara Memasak Kacang Merah Agar Cepat Empuk

 

cara memasak kacang merah

3 Cara Memasak Kacang Merah Agar Cepat Empuk

Kacang merah dapat diolah menjadi berbagai masakan yang nikmat. Selain itu kacang merah juga dapat dibuat sebagai pelengkap minuman yang segar. Hal terpenting untuk membuat olahan yang lezat dari kacang merah yaitu kacang merah harus empuk.

 

Berikut ini cara yang dapat diterapkan untuk memasak kacang merah agar cepat empuk. Untuk memperoleh hasil olahan yang lezat, pilihlah kacang merah yang memiliki permukaan licin, tidak berlendir, tidak bertunas, tidak berkerut, dan tidak berbau asam.

 

1. Rendam Kacang Merah

Kacang merah yang telah dicuci bersih dapat langsung direndam di dalam wadah atau baskom berisi air. Kacang merah segar cuma perlu direndam selama 1 sampai 2 jam sebelum diolah. Sementara untuk kacang merah kering, rendam selama semalam agar kacang merah mengembang.

 

2. Rebus Kacang Merah Menggunakan Air Yang Banyak

Setelah selesai direndam, kacang merah dapat langsung direbus. Gunakan air yang banyak saat merebus kacang merah. Kacang harus selalu dalam kondisi terendam ketika direbus. Jika air telah menyusut, bisa ditambah air lagi sesuai kebutuhan.

 

Cara mengetahui apakah kacang merah sudah empuk juga mudah. Tinggal tusuk menggunakan garpu, jika mudah hancur ketika ditusuk, ini berarti kacang sudah matang sempurna. Bunda bisa langsung mengangkat kacang merah, kemudian siram menggunakan air dingin, lalu ditiriskan.

 

3. Rebus Kacang Merah Memakai Pressure Cooker

Bunda dapat memakai pressure cooker untuk memasak kacang merah sampai empuk sekitar 12 - 15 menit saja. Siapkan pressure cooker untuk diisi air kemudian masukkan kacang merah sampai terendam, jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam. Dalam beberapa menit saja, kacang merah sudah menjadi empuk dan siap diolah untuk dibuat menjadi hidangan selanjutnya.

 

Nah, itulah cara memasak kacang merah agar cepat empuk yang bisa diterapkan di rumah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

LihatTutupKomentar