-->

Resep Peyek Kacang Renyah Tanpa Santan dan Telur, Lebih Irit

 

resep peyek kacang renyah tanpa santan - photo by @yogakartika23

Resep Peyek Kacang Renyah Tanpa Santan dan Telur, Lebih Irit

Peyek kacang merupakan makanan khas yang ada di Indonesia. Semua orang pasti sudah pernah makan peyek kacang. Rasanya yang gurih dan renyah menjadi kelezatan tersendiri saat menikmatinya. Dalam pembuatan peyek kacang dapat memakai santan atau bisa juga tidak. Tetapi semua kembali lagi pada selera masing-masing ya. Jika bunda ingin rasa gurih tapi tidak ingin memakai santan pun juga bisa.

 

Bahan utama dalam membuat peyek kacang renyah yaitu tepung beras dan juga kacang tanah. Sekarang bunda dapat membuat resep peyek kacang renyah tanpa santan dan telur hanya dengan 14 bahan serta 3 langkah sederhana. Berikut ini cara memasaknya ya!

 

Bahan-bahan :

- 300 gram tepung beras.

- 125 gr tepung maizena.

- seujung sdt baking powder.

- Kacang tanah secukupnya (potong-potong kecil).

- 4 lembar daun jeruk (gunting kecil-kecil)

 

Bumbu :

- 5 siung bawang putiih.

- 5 siung bawang merah.

- seujung jari kencur.

- seujung jari kunyit.

- 5 butir kemiri.

- 1/2 sdt garam, jika kurang asin bisa ditambahkan lagi.

- seujung sdt kaldu bubuk.

 

Catatan : Banyak orang yang tidak menyukai santan. Maka saya membagikan resep peyek kacang renyah tanpa santan.

 

Cara Memasak Peyek Kacang Renyah Tanpa Santan dan Telur :

- Langkah pertama campur jadi satu tepung beras, tepung maizena dan juga baking powder. Kemudian bumbu di cairkan terlebih dulu agar tidak menggumpal di tepung dengan menggunakan air sesuai takaran. Selanjutnya aduk aduk menggunakan whisk hingga tercampur rata dan tidak ada adonan yang bergerindil.

 

- Selanjutnya panaskan wajan yang sudah diberi minyak cukup. Kemudian ambil satu sendok sayur adonan peyek beri kacang yang sudah dipotong kecil dan sudah saya sangrai. Lalu tuangkan di pinggir wajan agak ketengah, lakukan juga pada pinggiran wajan yang lainnya. Nanti adonan ini akan jatuh sendiri ke tengah minyak, jika sudah panas. Jika sudah matang, angkat lalu tiriskan.

 

- Peyek kacang ini, walaupun tanpa santan dan telur, tetap renyah dan tidak kaku.  Ketika memasukkannnya ke dalam wadah sebaiknya berhati-hati supaya tidak patah atau hancur. Dengan memakai resep ini akan lebih hemat dan ekonomis.

 

Nah itu tadi resep peyek kacang renyah tanpa santan dan telur. Daripada beli mendingan kita buat sendiri ya bunda. Semoga resep ini bermanfaat. Jangan lupa share dan dipraktekkan di rumah ya. Selamat mencoba.

 

Baca juga : Cara Membuat Peyek Udang Yang Gurih dan Lezat

LihatTutupKomentar