-->

Tips Menyimpan Daun Pandan Agar Tetap Segar Dan Wangi




Tips Menyimpan Daun Pandan Agar Tetap Segar Dan Wangi

Daun padan banyak dipakai dalam berbagai masakan dan akan lebih baik ketika digunakan dalam keadaan masih segar. Bukan hanya wanginya masih lebih tajam tetapi juga lebih kuat memberi cita rasa pada makanan.

Karena diambil dalam keadaan segar pasti daun pandan tidak akan bertahan lama. Bila dibiarkan beberapa jam telah layu dan wanginya pasti akan berkurang bahkan tidak dapat lagi digunakan. Tapi bila ingin membelinya dalam jumlah banyak dan berencana menyimpannya di rumah supaya dapat dipakai sewaktu-waktu, ini yang dapat dilakukan.

Bungkus dalam plastik dan simpan di kulkas
Cara pertama adalah membungkus daun pandan menggunakan plastik supaya tidak langsung terkena sinar matahari dan udara yang mampu menguapkan wanginya. Setelah dibungkus di dalam plastik, masukkan ke kulkas. Tetapi cara ini tetap tidak bisa mempertahankan kesegaran pandan dalam waktu yang lama. Maksimal cuma selama 3 hari.

Diambil sarinya
Cara kedua ini lebih dapat tahan lama, yaitu dengan cara dihancurkan dan diambil sarinya. Daun pandan yang masih segar dicuci bersih, dibuang ujungnya kemudian dipotong-potong. lalu diblender dengan air matang kemudian saring dan simpan ekstrak daun pandan dalam wadah tertutup. Simpan di dalam freezer supaya lebih tahan lama dan keluarkan saat digunakan.
Walaupun begitu, tetap cek dulu rasa dan aromanya sebelum menggunakan sari pandan bila sudah disimpan terlalu lama misalnya satu bulan lebih di dalam freezer sebelum menggunakannya untuk kue atau makanan lainnya ya
Selamat Mencoba.

LihatTutupKomentar