Lakukan Cara Ini Agar Beras Bebas Jamur Dan Kutu



Lakukan Cara Ini Agar Beras Bebas Jamur Dan Kutu

Beras yang disimpan dalam waktu yang cukup lama jika kurang diperhatikan kebersihannya, maka bisa menimbulkan jamur sampai kutu. Hal ini berpengaruh pada kualitas beras yang akan kita konsumsi, beras yang telah berkutu dan berjamur tidak lagi mempunyai rasa yang pulen ketika selesai dimasak, bahkan malah berbau. Maka kita perlu lebih memperhatikantempat penyimpanan beras itu sendiri. Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang bisa membantu kamu untuk mengusir jamur dan kutu, Mari simak ulasan berikut ini.

1. Daun jeruk purut
Daun jeruk purut memiliki wangi yang khas, akan tetapi juga mempunyai fungsi lain. Yakni dapat mengusir kutu. Caranya dengan menumbuk 50 gram daun jeruk purut, lalu masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras. Wangi dari daun jeruk purut membuat kutu tidak tahan berlama-lama di dalamnya, selain itu beras juga nantinya akan mengeluarkan aroma wangi saat dimasak.

2. Daun belimbing wuluh
Sejak dahulu, daun belimbing wuluh dipercaya bisa menangkal kutu pada tempat penyimpanan beras. Caranya adalah, keringkan 2-3 tangkai daun belimbing wuluh yang telah dibersihkan, lalu masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras, tutup tempat penyimpanan dengan rapat tanpa ada celah udara sedikitpun. Dengan begini, kutu tidak akan berani balik lagi.

3. Daun asam jawa
Daun asam jawa ternyata memiliki khasiat untuk mengusir jamur dan kutu pada beras. Bersihkan 2 sampai 3 tangkai daun asam jawa, lalu keringkan. Letakkan ke dalam Rice Box. Dijamin beras akan bebas jamur dan kutu.

4. Lada dan cabai kering.
Untuk mencegah kutu dan jamur, kita dapat juga meletakkan biji lada kering atau cabai kering pada tempat penyimpanan beras. Bau menyengat dari lada dan cabai akan membuat kutu beras tidak mau balik lagi. Simpan beras di tempat yang sejuk dan kering untuk mencegah dari suhu lembab. 

Membeli beras dengan kualitas tinggi dan harga mahal menjadi sia-sia jika kita tidak memperhatikan tempat penyimpanannya. Jaga dan rawatlah tempat penyimpanan beras agar beras senantiasa terbebas dari jamur dan kutu.


ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
 

Delivered by FeedBurner