Klik "Allow" untuk mendapatkan update resep terbaru ↗

3 Langkah Memasak Brokoli Tanpa Merubah Warna



3 Langkah Memasak Brokoli Tanpa Merubah Warna

Brokoli merupakan kembaran dari kembang kol, tetapi ada perbedaan pada warnanya, brokoli mempunyai bunga berwarna hijau sedangkan kembang kol memiliki warna putih. Brokoli termasuk sayuran yang paling sehat lho, karena brokoli memiliki banyak sekali nutrisi yang mempunyai peran penting untuk kesehatan tubuh. Antioksidan, kandungan serat, dan berbagai vitamin yang terdapat dalam brokoli, tidak perlu diragukan lagi.

Akan tetapi, masih banyak yang belum dapat memasak brokoli dengan baik, dan nutrisi penting yang terdapat pada brokoli ini hilang karena kesalahan ketika mengolahnya, warna alaminya pun dapat berubah saat dimasak. Nah, sebelum memasak brokoli, sebaiknya bunda memperhatikan hal-hal berikut ini.

Pertama-tama, yang harus bunda lakukan adalah membeli brokoli yang masih segar, pilihlah yang berwarna hijau. Jika telah muncul warna kekuningan pada bunga maupun batangnya, dipastikan brokoli sudah tidak segar lagi. 

Kemudian, potong bagian kepala brokoli dan potong-potong lagi sampai berukuran lebih kecil. Sedangkan batangnya jangan dibuang, kupas bagian luarnya yang keras, lalu ambil bagian tengahnya. Selanjutnya kita akan masuk ke dalam proses pengolahan brokoli dimulai dari yang paling baik.

1. Mengukus
Panaskan kukusan, kukus brokoli sampai kurang lebih 3 menit. Brokoli siap disajikan bersama saus kacang atau sambal. Cara memasak brokoli dengan cara dikukus adalah cara yang paling baik, karena dengan cara ini tidak akan menghilangkan nutrisi yang terkandung dalam brokoli.

2. Merebus
Merebus brokoli harus lebih berhati-hati, karena bisa menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terdapat pada brokoli. Maka, bila ingin memasak brokoli dengan merebusnya, sebaiknya brokoli tidak direbus terlalu lama, jangan lebih dari 5 menit.

3. Tumis
Membuat tumisan memakai brokoli tentunya akan menghasilkan masakan yang sehat dan nikmat.  Memasak brokoli dengan cara ditumis ini tidak terlalu banyak membuang nutrisi pada brokoli jika bunda menumisnya tidak lebih dari 5 menit.

Brokoli memang sebaiknya tidak diolah dengan waktu terlalu lama karena bisa membuatnya kelihangan banyak nutrisi dan teksturnya akan semakin lembek.

ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
 

Delivered by FeedBurner