-->

Cara Yang Benar Membuat Kaldu Ayam Yang Jernih



Cara Yang Benar Membuat Kaldu Ayam Yang Jernih 

Kuah kaldu ayam yang gurih memang enak untuk dnikmati. Tetapi terkadang kita memperoleh kaldu ayam yang berlemak dan keruh. Rasanya juga terasa eneg. Padahal sebenarnya kaldu ayam yang enak cukup mudah untuk dibuat. Jadi bagaimana caranya agar kita dapat membuat kaldu ayam yang bening, gurih dan tidak amis? Berikut ini beberapa tips yang dapat dicoba.

1. Gunakan Ayam Kampung
Daging ayam kampung terkenal tidak amis dan gurih. Daging ini sangat cocok untuk membuat kaldu yang tidak memiliki rasa amis dan tidak berlemak  khas ayam potong.

2. Buang Air Rebusan Pertama
Apabila tidak punya daging ayam kampung, Anda tetap dapat memakai ayam potong biasa. Agar kuah kaldu tidak amis, buanglah air rebusan pertama yang berlemak.
Setelah ayam direbus selama 10-15 menit, buang air rebusannya. Sesudah itu rebus lagi ayam memakai air yang baru. Kaldu yang kedua ini biasanya tidak terlalu berlemak dan terlihat jernih.

3. Tambahkan Rempah-Rempah
Tambahkan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, bawang perai, daun jeruk, dan jahe. Ini dapat membantu menghilangkan amis pada kaldu ayam yang dibuat.

4. Gunakan Api Kecil
Perebusan kaldu memakai api besar akan membuat kaldu mengeluarkan busa berwarna keruh di permukaannya. Oleh karena itu gunakan api kecil untuk merebus ayam. Jika ada kotoran yang mengambang, dapat langsung disaring lalu dibuang.

5. Masukkan Putih Telur Utuh
Ini adalah teknik barat untuk membuat consomme. Masukkan putih telur utuh yang telah dicuci ke dalam rebusan ayam. Jangan diaduk sama sekali. Putih telur akan menarik partikel-partikel di dalam kaldu dan dapat menjadikan kuah jernih.

6. Saring Kaldu
Jika proses perebusan daging ayam sudah selesai, saringlah kaldu dengan saringan yang rapat atau kain bersih.
Selamat Mencoba.

LihatTutupKomentar