-->

4 Tips Memasak Nasi Lemak Yang Gurih

4 Tips Memasak Nasi Lemak Yang Gurih

Nasi lemak adalah salah satu makanan dari negara tetangga Malaysia. Nasi lemak hampir sama dengan nasi uduk di Jakarta atau sego gurih di Jawa Tengah.

 

nasi lemak

Nasi lemak mudah dibuat karena bahan-bahannya yang digunakan cukup sederhana dan mudah didapatkan. Namun jika ingin membuat nasi lemak yang gurih dan istimewa, cobalah tips memasak nasi lemak berikut ini.

 

1. Pilih beras yang berkualitas

Memilih beras yang berkualitas merupakan hal yang penting dalam membuat nasi lemak yang enak. Jika ingin tekstur nasi pulen dan lembut, pilihlah beras yang pulen. Tetapi jika lebih suka hasil nasi yang pera, dapat menggunakan beras yang hasil nasinya pera. Biasanya nasi lemak memang teksturnya agak pera. Dapat menggunakan beras basmati atau beras berkualitas yang lain untuk memperoleh nasi pera.

 

2. Santan segar

Penggunaan santan segar dapat memberikan cita rasa yang lebih enak jika dibandingkan memakai santan instan. Pilihlah parutan kelapa tua untuk diambil santan kentalnya saja. Untuk tambahan, tuangkan air secukupnya saja untuk membuat santan cair dari sisa perasan santan kental.

 

3. Rempah yang lengkap

Bumbu nasi lemak akan terasa lebih gurih dan lezat jika bumbunya lengkap. Ada bumbu berupa daun jeruk, daun salam, jahe, serai dan juga daun pandan yang dapat memberikan aroma wangi dan sedap. Jika bumbu rempahnya kurang lengkap, maka rasa nasi lemak juga akan berkurang kelezatannya.

 

4. Lauk pelengkap

Nasi ini dinamakan nasi lemak karena tidak lepas dari peran lauk dan juga sambal pelengkapnya. Terdapat banyak lauk pelengkap ketika nasi lemak disajikan, seperti ikan teri goreng, kacang tanah goreng, telur rebus, lalapan mentimun, sambal manis, serundeng dan tidak ketinggalan ayam goreng. Jangan lupa untuk menabur bawang goreng di atas nasi supaya semakin lezat rasanya.

 

Nah, itu tadi cara atau tips memasak nasi lemak yang gurih dan enak. Selamat mencoba dan jangan lupa share resepnya.

LihatTutupKomentar