-->

Tips Memasak Nasi Agar Putih, Pulen dan Awet

tips memasak nasi - sumber flickr

Tips Memasak Nasi Agar Putih, Pulen dan Awet

Nasi adalah bahan makanan pokok bagi kita. Semua orang akan makan nasi setiap hari. Setiap orang juga pastinya akan memasak nasi setiap hari untuk dikonsumsi.

 

Dapat dibilang memasak nasi merupakan hal yang cukup mudah namun juga susah untuk dilakukan. Mengapa demikian?  Saat bunda memasak nasi dengan cara yang kurang tepat, nasi akan keras atau mungkin terlalu lembek, tidak putih dan cepat basi. Lalu bagaimana cara memasak nasi agar putih, pulen dan tidak mudah basi? Simak tipsnya berikut ini.

 

Pemilihan Beras

Agar memperoleh hasil nasi yang pulen dan enak, hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu pemilihan beras. Ketika membeli beras, pilihlah beras yang berkualitas bagus, bersih dan terlihat putih. Pilih beras yang aromanya segar atau tidak apek. Beras dengan kualitas bagus akan membuat bunda memperoleh hasil nasi yang berkualitas bagus pula.

 

Mencuci Beras

Ketika mencuci beras, cucilah beras sampai bersih. Cucilah beras di bawah air mengalir. Atau bunda dapat mencuci beras pada wadah lalu membuang air cucian beras di dalam wadah sampai beberapa kali hingga air cucian beras menjadi bening. Beras yang dicuci sampai bersih akan lebih putih, pulen dan tidak cepat basi setelah dimasak.

 

Tambahkan Air Lemon

Tambahkan air lemon ke dalam air untuk memasak nasi. Menambahkan air lemon ini berguna membuat nasi nampak makin putih, pulen dan tidak cepat basi. Bunda cukup menambahkan satu hingga dua sendok air lemon ke dalam panci berisi beras yang akan dimasak.

 

Tambahkan Daun Pandan

Bunda dapat menambahkan daun pandan untuk memperoleh nasi yang lebih pulen dan wangi. Caranya mudah, cuci bersih daun pandan lalu ikat dan tambahkan ke dalam panci untuk memasak nasi.

 

Perbandingan Air dan Beras yang Tepat

Memasak nasi harus dengan perbandingan air dan beras yang tepat. Jangan memasak nasi dengan takaran air terlalu banyak karena dapat membuat nasi menjadi lembek. Hindari memasak nasi dengan air terlalu sedikit karena nasi akan menjadi lebih keras.

 

Aduk Nasi Setelah Matang

Aduklah nasi setelah matang. Aduk nasi secara merata akan membuat nasi menjadi lebih pulen dan tidak cepat basi. Ini juga akan membuat tekstur nasi enak di lidah.

 

Itulah beberapa tips memasak nasi agar putih, pulen dan tidak cepat basi. Semoga tips ini bermanfaat dan jangan lupa share.

Baca juga : Cara Memasak Beras Merah Pulen

LihatTutupKomentar