-->

Pengertian Shortening Dalam Pembuatan Donat

Pengertian Shortening Dalam Pembuatan Donat

Donat merupakan kue yang banyak disukai orang-orang. Donat mempunyai bentuk yang bulat dengan tekstur yang lembut dan bolong di tengahnya. Dalam pembuatan donat, terdapat beberapa teknik memasak yang perlu diketahui.

 

gambar by @herawaty_lu

Dalam dunia baking, terdapat banyak istilah yang perlu kalian pahami. Salah satunya yaitu istilah shortening. Istilah shortening sering dinamakant juga dengan mentega putih. Gunanya untu menghambat pembentukan gluten dari terigu ketika adonan donat dicampur.

 

Shortening untuk donat bisa menjadikan teksturnya menjadi lebih lembut saat digoreng. Mentega putih juga dapat dijadikan sebagai alternatif minyak untuk menggoreng. Supaya tidak penasaran dengan istilah shortening dalam pembuatan donat, simak ulasannya berikut ini.

 

Jenis Shortening

1.White Fat

Jenis shortening yang pertama yaitu white fat. Shortening ini termasuk dalam jenis yang murni. Mentega putih cuma mengandung lemak dan tidak ada tambahan emulsifier. White fat umumnya dipakai untuk roti tawar dan bisa untuk donat juga.

 

2. Baker’s Fat

Baker’s fat merupakan jenis shortening yang dipakai untuk membuat roti dengan isian cream. Shortening mempunyai tambahan emulsifier, sehingga menjadikan kue lebih padat dan tidak mudah meleleh. Baker's fat juga dapat dipakai untuk membuat butter cream.

 

3. Cake Fat

Jenis berikutnya yaitu shortening cake fat. Shortening ini mempunyai tambahan emulsifier yang dipakai untuk membuat kue. Selain itu, ada tambahan aroma dan warna untuk membuatnya.

 

4. BOS (Butter Oil Substitute)

BOS (Butter Oil Substitute) dipakai untuk pengganti minyak mentega. Sebenarnya shortening ini adalah minyak seperti minyak mentega. Tetapi ada tambahan emulsifier, aroma dan warna butter.

 

5. Pastry Fat

Jika bunda suka membuat pastry, maka bunda membutuhkan teknik pastry fat. Shortening ini lebih cair dibandingkan jenis yang lainnya. Sehingga dapat dipakai untuk membuat lapisan pada puff pastry.

 

Resep Donat Susu Shortening

Bahan:

- 530 gram tepung terigu protein tinggi

- 90 gram gula

- gula pasir

- 6 gram ragi roti

- 25 gram susu bubuk

- 350 ml susu cair

- 70 gram mentega putih atau shortening

- 1/2 sdt garam

 

Cara membuat donat susu shortening :

- Langkah pertama campurkan  semua bahan, kecuali mentega dan juga garam, aduk hingga rata.

- Selanjutnya jika adonan sudah tercampur rata, masukkan mentega dan juga garam, lalu uleni lagi sampai kalis.

- Kemudian diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang, setelah itu kempiskan adonan.

- Lalu bagi adonan menjadi masing-masing 40 gram, bentuk menjadi bulat dan bolongi bagian tengahnya. Diamkan selama kurang lebih 10 menit.

- Kemudian goreng donat hingga keemasan, angkat dan tiriskan.

- Sajikan donat dengan topping favoritmu.

 

Nah, itulah pengertian shortening untuk donat yang perlu bunda ketahui. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share

LihatTutupKomentar