-->

Resep Soto Bangkong (Untuk 4 Porsi)

 

resep soto bangkong - by @sulinda.tan

Resep Soto Bangkong (Untuk 4 Porsi)

Nama masakannya soto bangkong, siapa yang pernah nyobain? Suka masak soto ini karena ayamnya tidak usah digoreng. Karena masih punya ketupat jadi makannya pakai ketupat, biasanya sih pakai nasi putih saja. Untuk menambah selera makan disajikan bersama keripik kentang (bisa beli yang sudah jadi). Yuk simak resep soto bangkong berikut ini.

 

Bahan :

- 500 gram ayam kampung

- 30 gram soun, seduh menggunakan air panas lalu tiriskan

- 50 gram kecambah pendek, seduh memakai air panas, tiriskan (bisa diganti kol)

- 1500 ml air

- 2 sdm minyak goreng

 

Bumbu :

- 8 butir bawang merah

- 5 siung bawang putih

- 3 cm kunyit

- 2 sdt ketumbar sangrai

- ½ sdt merica bubuk

- 2 cm jahe, memarkan

- 2 cm lengkuas, memarkan

- 2 batang serai, memarkan

- 2 lembar daun salam

- 1 sdm kecap manis

- 2 sdt garam

 

Cara Membuat Soto Bangkong :

1. Langkah pertama didihkan air bersama jahe, daun salam, lengkuas, dan serai. Masukkan ayam, masak sampai ayam lunak di atas api sedang. Angkat ayam dari kaldu, tiriskan kemudian disuwir-suwir dan sisihkan.

2. Selanjutnya haluskan bawang putih, bawang merah, kunyit, ketumbar, serta merica. Tumis sampai harum. Masukkan ke dalam kaldu, tambahkan kecap manis dan juga garam. Masak sampai mendidih.

3. Taruh nasi putih, kecambah, soun dan juga ayam suwir di dalam mangkuk, siram dengan kuah kaldu. Taburi dengan seledri, bawang goreng, daun bawang, dan bawang putih goreng. Sajikan segera selagi hangat bersama irisan jeruk nipis dan juga sambal.

 

Nah, itu tadi resep soto bangkong yang sangat nikmat disantap bersama nasi hangat. Semoga resep ini bermanfaat dan jangan lupa dicoba di rumah ya bunda.

 

Baca juga : Resep Soto Daging Madura Gubeng Pojok

LihatTutupKomentar