-->

Resep Urap Sunda Yang Nikmat dan Segar

 

resep urap sunda - sumber gambar instagram

Resep Urap Sunda Yang Nikmat dan Segar

Bunda sedang mencari ide resep urap sunda yang lezat? Cara membuatnya terbilang cukup mudah. Urap sunda memang memiliki cita rasa dan aroma yang dapat membangkitkan selera makan kita. Tidak perlu bingung jika ingin menghidangkan urap sunda yang enak di rumah, sebab jika sudah tahu caranya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial bagi keluarga anda.

 

Pada dasarnya proses pembuatan urap sayur, baik itu urap sunda, urap jawa maupun urap betawi hampir sama. Ciri khas urap adalah pemakaian kencur dalam campuran bumbunya, sehingga memberikan aroma dan juga rasa kencur yang kuat. Sayuran yang biasa dipakai yaitu kacang panjang, tauge, kol, dan kecipir. Urap Sunda ini adalah kuliner tradisional yang banyak ditawarkan di warung-warung makan khas Sunda.

 

Nah, kali ini rasalapar.com akan membagikan resep urap sunda spesial yang dapat dipraktekkan sendiri di rumah. Bahan-bahannya sederhana dan mudah didapat, Resep urap Sunda memakai 20 jenis bahan serta 3 langkah pembuatan yang mudah. Nah, Berikut ini cara pembuatan urap sunda.

 

Bahan-bahan :

- 1/2 bulatan kelapa (yang masih muda)

- 3 ikat kangkung akar

- 2 ons tauge

- 1 ikat daun kacang

- 4 lembar kol

- 7 buah kecipir

- 3 buahh wortel

 

Bumbu Halus :

- 5 buahh bawang putih

- 5 buah bawang merah

- 10 buah cabe merah keriting

- 10 buahh cabe rawit (opsional)

- 1 ruas kencur

- 2 lembar daun jeruk

- 1 batang sereh

- 1 sdt garam

- 2 sdm gula

- 1 sdt penyedap rasa

- 20 sdm minyak sayur untuk menumis

- 4 buah kemiri

 

Cara Membuat Urap Sunda :

1. Potong-potong sayuran yang sudah disiapkan sesuai selera, cuci bersih lalu kukus 5 menit setelah air mendididih. Cukup membuat sayuran menjadi layu. Kemudian sisihkan.

2. Ulek menggunakan cobek bumbu bumbu kecuali daun jeruk dan juga sereh. Jangan terlalu halus saat mengulek. Masukan kelapa parut, tekan dengan ulekan, campur hingga rata dan warna parutan kelapa jadi merah karena bercampur dengan bumbu tadi. Kemudian tumis menggunakan minyak sehingga matang serta aromanya harum.

3. Masukan sayuran yang sudah direbus tadi kemudian aduk sampai rata. Masukan gula pasir dan penyedap rasa. Test rasa, jika sudah pas lalu matikan kompor.

4. Urap Sunda siap dinikmati.

 

Nah, itulah resep urap sunda yang dapat dicoba dirumah, dijamin keluarga pasti suka. Rasanya yang mantap serta sayuran yang segar pasti membuat acara makan keluarga menjadi spesial. Semoga resep urap sunda di atas bermanfaat dan bisa membantu bunda dalam menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga atau teman atau bisa menjadi inspirasi untuk berjualan makanan.

 

Baca juga : Cara Memasak Bobor Daun Adas

LihatTutupKomentar