-->

Resep Kare Ayam Solo, Enak dan Praktis

 

resep kare ayam solo - sumber gambar instagram @elpida_kitchen

Resep Kare Ayam Solo, Enak dan Praktis

Bunda sedang mencari inspirasi resep kare ayam solo yang lezat? Cara pembuatan kare ayam solo cukup mudah. Kare ayam solo memiliki cita rasa dan aroma yang sedap, sehingga membangkitkan selera makan kita. Sangat cocok menjadi menu spesial bagi keluarga.

 

Tidak perlu ragu untuk menghidangkan resep kare ayam solo yang enak di rumah, karena asal sudah tahu cara dan resepnya maka hidangan ini dapat menjadi hidangan spesial bagi keluarga.

 

Nah, kali ini rasalapar.com akan membagikan resep kare ayam solo yang bisa dicoba sendiri di rumah. Bahan sederhana dan prosesnya yang mudah dengan memakai 22 bahan serta 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara memasak kare ayam solo yang nikmat.

 

Bahan-bahan :

- 1/2 kg ayam, potong-potong (bagian dada, buang kulit)

- 1 lembar daun salam

- 3 lembar daun jeruk

- 1 batang serai, geprek

- 1 liter air

- 1 sachet santan instan (65 ml)

- 1 sdt munjung gula pasir

- 1/2 sdt kaldu bubuk

- Garam secukupnya

 

Bumbu Halus :

- 5 siung bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 3 butir kemiri

- 1/2 sdt kunyit bubuk

- 1 sdt ketumbar bubuk

- 1/4 sdt lada bubuk

- 1/4 sdt jinten

- 1 cm jahe

 

Pelengkap :

- 2 buah wortel, potong-potong memanjang, kemudian rebus

- Tauge, seduh air panas (saya skip)

- 2 batang daun bawang, iris

 

Cara Memasak Kare Ayam Solo :

1. Cuci bersih ayam, lumuri dengan garam. Biarkan 10 menit, kemudian bilas sampai bersih. Rebus ayam di dalam air mendidih hingga berubah warna. (sampai matang). Angkat lalu buang air rebusan.

2. Panaskan minyak kemudian tumis bumbu halus, masukkan serai, daun salam, daun jeruk dan juga lengkuas. Masak sampai matang dan harum. Masukkan ayam sambil aduk rata.

3. Tuangkan air dan didihkan. Bumbui memakai garam, kaldu bubuk, merica dan gulapasir. Masukkan santan. Masak sampai ayam empuk, test rasa.

4. Masukkan wortel dan juga daun bawang, aduk-aduk sebentar. Kalau sudah matikan kompor.

Catatan : Sebenarnya cara penyajian yang disarankan adalah wortel dan tauge ditata di piring saji, masukkan ayam, lalu siram dengan kuah. Jika mau praktis ya langsung masukkan saja.

 

Nah, itulah resep kare ayam Solo yang Lezat dan bisa dipraktekkan di rumah. Semoga resep kare ayam solo di atas bermanfaat dan bisa membantu bunda untuk menyiapkan makanan yang spesial bagi keluarga maupun teman. Selain itu juga bisa menjadi inspirasi untuk berjualan. Selamat mencoba!

 

Baca juga : Cara Memasak Kari Ayam Labu Kuning

LihatTutupKomentar