-->

Resep Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati, Nikmat Banget

 

resep gudeg jogja merah - sumber gambar IG @henipuspita29

Resep Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati, Nikmat Banget

Jogja dikenal mempunyai banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Disamping itu jika kalian menyebutkan makanan khas Jogja pastinya Gudeg jawabannya. Gudeg adalah masakan khas Jogja yang jadi legenda sampai saat ini. Banyak wisatawan dari luar kota yang ingin mencicipi masakan ini.

 

Tetapi jika kalian tidak sempat atau tidak punya waktu untuk mencicipi langsung kuliner ini di Jogja, tidak usah khawatir karena rasalapar.com akan memberikan resep gudeg jogja merah tanpa daun jati khas Jogja yang pastinya nikmat banget..

 

Jadi kalian tidak perlu repot-repot untuk datang ke Jogja hanya untuk mencicipi gudeg legenda ini. Gudeg Jogja mempunyai keunikan rasa khas tersendiri. Bahan dasar masakan ini yaitu nangka muda. Cara pengolahannya juga tidak terlalu susah. Yuk simak resep gudeg Jogja merah tanpa daun jati berikut ini!

 

Bahan Utama :

- 1 kg nangka muda

 

Bumbu Halus :

- 10 butir Bawang Merah

- 4 butir Bawang Putih

- 8 butir Kemiri

- 1 sdm Ketumbar

 

Bumbu Cemplung :

- 6 lembar daun Salam

- 3 cm lengkuas, geprak

- 2 batang serai, geprak

- 3 lembar daun jeruk purut

- 150 gram Gula Merah atau sesuai selera

- 1 butir kelapa, ambil santannya

- Garam, Gula, Penyedap Rasa secukupnya

 

Bahan Tambahan :

- Bahan tambahan seperti telur rebus kupas sesuaikan menurut selera

 

Cara Membuat Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati :

1. Langkah pertama yaitu siapkan nangka muda tadi, cuci nangka tersebut sampai benar-benar bersih dan tidak ada getah yang menempel, kemudian potong-potong seperti dadu.

2. Selanjutnya rebus nangka terlebih dahulu, supaya getahnya hilang sehingga rasanya tidak menjadi pait. Setelah beberapa menit, angkat nangka tersebut kemudian tiriskan dan jangan lupa untuk membuang airnya. Selanjutnya rebus telur jika kalian ingin menambahkan menu telur rebus.

3. Langkah ketiga masukkan telur rebus, gula aren, dan juga nangka muda yang telah kita potong-potong tadi ke dalam panci. Tetapi sebelumnya, kita perlu menambahkan alas pada panci dengan beberapa lembar daun salam yang sudah disiapkan, dan pada bagian diatasnya kita letakkan irisan lengkuas.

4. Kemudian ambil bumbu-bumbu yang sudah kita siapkan tadi, selanjutnya haluskan bumbu tersebut lalu campurkan dengan setengah air kelapa yang telah disaring. Selanjutnya aduk sampai merata dan tuangkan pada panci.

5. Berikutnya masak dengan kompor yang tidak terlalu besar selama kira-kira 2 jam tanpa membuka tutup panci.

6. Setelah 2 jam, bukalah tutup panci kalau air telah menyusut, sisihkan, kemudian angkat telur.

7. Berikutnya tuangkan santan sambil diaduk hingga merata untuk menghancurkan potongan-potongan nangka. Lalu masukkan telur lagi sampai sedikit terendam dengan nangka.

8. Langkah terakhir masak kembali hingga 3 jam dengan api kecil sambil diaduk perlahan.

9. Jika santan sudah habis dan gudegnya nampak berwarna coklat kemerahan itu artinya gudeg sudah matang dan siap disajikan.

10. Tambahkan krecek, krupuk, dan juga cabai.


Nah itulah resep gudeg Jogja merah tanpa daun jati yang nikmat. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi bagi bunda yang ingin memasak Gudeg Jogja.


Baca juga : Resep Gudeg Nangka Kering

LihatTutupKomentar