-->

Tips Agar Dadar Gulung Tidak Cepat Basi dan Tahan Lama

 

tips agar dadar gulung tidak cepat basi - sumber gambar instagram

Tips Agar Dadar Gulung Tidak Cepat Basi dan Tahan Lama

Dadar gulung merupakan salah satu jajanan pasar dan kue favorit di Indonesia. Rasanya manis dan juga gurih, isiannya bermacam-macam tapi umumnya isian berupa kelapa parut.

 

Dadar gulung biasanya berwarna hijau dengan isian yang dinamakan unti kelapa. Unti yaitu parutan kelapa yang telah dicampur dengan gula jawa. Jika suka boleh ditambahkan irisan nangka supaya lebih nikmat.

 

Mengenai asal muasalnya, ternyata kue ini memang berasal dari pulau Jawa. Berawal dari orang Romawi yang memperkenalkan kue pancake. Pancake merupakan kue populer di wilayah Eropa sejak tahun 1430 M. Walaupun di Eropa sendiri, pancake populer sebagai makanan khas orang timur. Kemudian kue ini diadopsi lagi oleh negara yang lain. Contohnya, di negara Perancis dinamakan crepes dan di Amerika dinamakan dengan nohehick.

 

Nah sementara di Indonesia, setelah diadopsi serta disesuaikan terciptalah kue dadar gulung. Memiliki tekstur yang lembab, membuat kue dadar gulung jadi tidak tahan lama. Kue basah ini memang gampang basi jika keliru dalam penyimpanannya. Terlebih ada kandungan santan kelapa, sehingga kemungkinan menjadi basi lebih cepat. Dadar gulung dapat disimpan di suhu ruang paling lama hanya satu hari.

 

Tips agar dadar gulung tidak cepat basi sebenarnya mudah dilakukan. Dadar gulung yang disimpan dalam plastik memang akan bertahan satu hari pada suhu ruang. Kemasan plastik ini sangat berguna untuk membantu permukaan dadar gulung tidak kering dan tetap lembab.

 

Sementara tips agar dadar gulung tidak cepat basi, disarankan untuk menyimpannya di dalam freezer atau kulkas. Kita cukup memasukkan dadar gulung yang telah kita kemas memakai plastik ke dalam wadah kedap udara. Kemudian simpan wadah di dalam freezer atau kulkas.

 

Ketika ingin disantap, kukus terlebih dahulu dadar gulung supaya lebih nikmat. Nah itulah tips agar dadar gulung tidak cepat basi dan tahan lama.

 

Resep Dadar Gulung Untuk Jualan, Untung Banyak

Bahan Kulit Dadar :

250 gr tepung protein sedang

50 gr tepung tapioka

4 gr garam

1 butir telur

200 ml santan kara

200 ml air pandan

400 ml air

1 sdt vanilli bubuk

Minyak untuk pan fried kulitnya

 

Cara Membuat Dadar Gulung Untuk Jualan :

1. Campurkan semua bahan lalu aduk hingga rata kemudian di saring

2. Siapkan wajan lalu panaskan

3. Ambil tissu satu lembar celupkan ke dalam minyak makan dan usapkan ke wajan anti lengket atau teflon

4. Setelah panas tuangkan satu centong lalu angkat memutar wajan agar tidak mengumpul di tengah dengan api kecil

5. Masak hingga warna berubah dan bisa lepas dari wajan

6. Sisihkan lalu dinginkan sebelum di isi dengan unti kelapa

7. Selamat Mencoba

 

Baca juga : Cara Membuat Dadar Gulung Asin

LihatTutupKomentar