Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot dan Enak

 


Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot dan Enak

 

Cara memasak cumi bisa dibilang gampang-gampang susah. Bukan cuma harus berhati-hati pada kantung tinta, tempo memasak cumi juga harus diperhatikan. Ini untuk menghindari cumi menjadi alot dan bertekstur seperti karet jika terlalu lama dimasak. Terkadang, daging cumi bisa menjadi kurang empuk jika proses memasaknya tidak tepat. Nah di sini saya akan share tips memasak cumi agar tidak alot. Yuk kita simak tipsnya berikut ini.

 

1. Belilah Cumi Yang Segar

Cumi segar memiliki tekstur daging padat, warna putih berkilau, serta aromanya seperti lautan. Tekstur cumi biasanya tergantung pada ukuran, semakin kecil maka cumi akan semakin empuk.

 

2. Empukkan cumi sebelum dimasak

Setelah cumi dbersihkan, empukkan dengan cara dipukul memakai palu daging atau wajan datar. Pukul perlahan lahan saja di kedua sisi bagian, jangan sampai daging cumi hancur. Cara lainnya untuk mengempukkan cumi yaitu dengan merendam dalam perasan lemon selama kurang lebih 5 menit. Pada proses ini daging cumi akan melengkung, bunda dapat memberikan pemberat di atas daging. Belah daging cumi, iris memanjang dari atas ke bawah. Dapat juga dipotong menjadi seperti cincin. Sesuaikan dengan kebutuhan memasak.

3. Jangan masak cumi terlalu lama

Durasi memasak cumi berbeda tergantung cara memasaknya. Berikut ini adalah rekomendasi durasi masak cumi agar tidak alot.

- Cara ditumis rekomendasi 3-5 menit

- Cara dipanggang rekomendasi maksimal 5 menit

- Cara Pan seared (dibakar di atas wajan) rekomendasi 1,5 menit

- Cara digoreng rekomendasi 5 menit, masukkan ketika minyak sudah panas

 

Nah itulah tips memasak cumi agar tidak alot, semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bunda dalam memasak.


Baca juga : Resep Gulai Cumi Ginuk Ginuk

LihatTutupKomentar