Tips Memasak Kangkung Supaya Tetap Berwarna Hijau Segar

 


Tips Memasak Kangkung Supaya Tetap Berwarna Hijau Segar

 

Kangkung adalah sayuran yang cepat berubah warna ketika disimpan dan dimasak terlalu lama. Kangkung yang menghitam karena ditumis tidak menggugah selera makan. Walaupun begitu, ada beberapa tips untuk membuat tumis kangkung agar warnanya tetap hijau segar. Salah satu cara yang dilakukan di restoran yaitu dengan menyajikan kangkung hot plate atau kangkung baru dimasak di piring panas yang disajikan ke tamu.  Berikut tips masak kangkung agar tidak berubah warrna dan menghitam

 

1. Pilihlah kangkung yang berukuran besar

Kangkung dengan batang dan daun yang kecil lebih mudah layu. Selain itu kangkung yang berukuran kecil juga mudah menghitam ketika ditumis. Oleh karenanya, pilihlah jenis kangkung yang berukuran besar seperti jenis kangkung Lombok, Sukabumi, serta Manado. Kangkung berukuran besar juga cocok direbus dan dinikmati beserta sambal plecing.

 

2. Campur bumbu di mangkuk sebelum masak kangkung

Biasanya proses masak tumis kangkung adalah memasukkan kangkung baru memasukkan aneka saus dan bumbu. Hal ini menyebabkan kangkung terlalu lama dimasak, menjadi layu, dan menghitam. Sebaiknya, campur dahulu semua bumbu di dalam satu mangkuk sebelum dimasak. Proses ini mempercepat proses masak kangkung. Saat saus mendidih, langsung angkat kangkung dijamin warna akan tetap hijau.

 

Nah itulah tips memasak kangkung supaya tetap berwarna hijau segar, semoga bermanfaat.

 

Baca juga : Tips Agar Wajik Tahan Lama

LihatTutupKomentar