-->

Tips Memasak Kacang Hijau Agar Empuk dan Tidak Pecah

Tips Memasak Kacang Hijau Agar Empuk dan Tidak Pecah

Bubur kacang hijau merupakan menu makanan yang banyak disukai orang. Bubur kacang hijau memiliki banyak nutrisi. Makanan ini juga dipercaya menjadi salah satu super food untuk anak-anak.

bubur kacang hijau

Membuat bubur kacang hijau di rumah cukup mudah dilakukan. Baik itu bubur kacang hijau yang merekah dan lumer di mulut, atau kacang yang masih utuh dan tidak pecah. Berikut ini ada beberapa tips memasak kacang hijau agar empuk dan tidak pecah yang bisa dicoba.

 

1. Rendam Kacang Hijau

Sebelum memasak kacang hijau, kacang hijau sebaiknya direndam terlebih dahulu. Supaya kacang hijau lebih mudah matang dan empuk ketika dimasak, rendam kacang hijau selama semalaman. Ini akan mendapatkan hasil kacang hijau yang mudah empuk ketika dimasak.

 

2. Rebus Ketika Air Sudah Mendidih

Masukkan kacang hijau ke dalam panci saat air sudah mendidih. Kacang hijau yang dimasak pada air suhu tinggi, akan lebih mudah empuk dan matang. Ini juga memungkinkan kacang hijau tetap utuh atau tidak pecah.

 

3. Tambahkan Gula

Jika kacang hijau yang kita rebus telah empuk, segera masukkan gula sebelum kacang hijau merekah. Kacang hijau yang dimasak bersama gula tidak pecah atau masih utuh. Sebaiknya segera masukkan gula merah atau gula pasir ke dalam rebusan kacang hijau yang sudah empuk tetapi belum pecah.


4. Masak Menggunakan Api Kecil yang Lama

Setelah menambahkan gula ke dalam rebusan kacang hijau, sebaiknya rebus lagi menggunakan api kecil dan waktu yang lama. Tutuplah panci supaya air rebusan tidak menyusut atau kering. Hal ini akan membuat kacang hijau lebih empuk dan gula akan meresap sempurna ke dalam kacang hijau.


5. Tambahkan Santan Ketika Kacang Hijau Matang

Tambahkan santan kelapa ketika bubur kacang hijau matang dan manisnya gula telah meresap ke dalam kacang. Masak lagi sampai mendidih lalu angkat dan sajikan.

 

Catatan : Jangan memasukkan gula ke dalam rebusan kacang jika kacang masih keras. Walaupun memasak kacang hijau dengan waktu yang sangat lama bersama gula, kacang hijau akan tetap keras.

LihatTutupKomentar