-->

4 Tips Merebus Telur Supaya Tidak Retak

4 Tips Merebus Telur Supaya Tidak Retak

Telur rebus yang retak umumnya akan lebih susah untuk dikupas. Jika telur berhasil dikupas pun, permukaan telur rebus jadi tidak mulus lagi. Untuk itu dalam perebusan telur kita perlu memakai tips yang tepat supaya telur tidak retak.

tips merebus telur

Berikut ini tips mudah yang dapat dicoba supaya telur tidak retak ketika direbus. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

 

1. Pastikan Telur Bersuhu Ruang

Sebaiknya jangan merebus telur yang masih dingin atau yang baru diambil dari kulkas. Diamkan telur terlebih dahulu pada suhu ruang sebelum direbus. Sebab perubahan suhu yang terlalu ekstrem (dari telur dingin ke suhu air panas) dapat menyebabkan telur rentan retak saat proses perebusan.

 

2. Masukkan Telur Sebelum Air Mendidih

Jangan menunggu air mendidih lalu telur dimasukkan. Masukkan telur dan air secara bersamaan di dalam panci. Setelah itu, baru kemudian nyalakan kompor. Cara ini dapat membuat telur tidak mudah retak. Jika telur dimasukkan ketika air sudah mendidih, telur akan mudah retak karena air yang bergejolak.

 

3. Tambahkan Garam

Manfaat menambahkan garam ke dalam air rebusan bukan untuk membuat telur menjadi asin. Tetapi untuk menjaga suhu panas tetap stabil. Proses perebusan telur yang suhunya stabil, telur rebus tidak mudah retak.

 

4. Proses Perebusan Jangan Terlalu Lama

Umumnya 10 menit proses perebusan sudah dapat memperoleh hasil telur rebus yang matang sempurna. Jika proses perebusan terlalu lama, telur akan mudah retak dan pecah.

 

Nah, itu tadi cara dan tips merebus telur agar tidak retak. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

LihatTutupKomentar