-->

Tips Menggoreng Ikan Lele Agar Lurus

 

tips menggoreng lele - by @dapuribuk30

Tips Menggoreng Ikan Lele Agar Lurus

Ikan lele merupakan salah satu bahan makanan yang cukup cukup populer. Selain rasanya nikmat, ikan lele juga dapat diolah menjadi beragam masakan yang lezat. Ikan lele juga bisa menjadi sumber nutrisi yang baik bagi tubuh.

 

Berbicara tentang ikan lele, salah satu masalah yang sering terjadi yaitu setelah kita menggorengnya ikan lele menjadi bengkok dan minyaknya meletup-letup. Sehingga ikan lele goreng yang kita goreng menjadi tidak menarik lagi dan kita takut untuk menggorengnya lagi karena takut minyaknya mengenai tangan atau anggota tubuh yang lainnya.

 

Untuk menggoreng ikan lele sebenarnya cukup mudah. Terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika menggoreng ikan lele agar lurus atau tidak bengkok dan minyaknya tidak meletup-letup. Yuk simak tips menggoreng lele agar lurus berikut ini.

  1. Pilihlah ikan lele yang masih segar. Kemudian bersihkan ikan lele dengan baik dan buang isi di dalam perutnya. Cuci bersih sampai bagian kulit lele tidak licin lagi.
  2. Marinasi ikan lele menggunakan bumbu berupa garam, ketumbar, kunyit, bawang putih serta penyedap masakan. Marinasi ikan lele selama kurang lebih 15 menit supaya bumbu meresap dengan baik.
  3. Taburi ikan lele yang sudah dimarinasi menggunakan tepung beras kering. Taburi samar-samar sampai menutup seluruh bagian tubuh ikan lele.
  4. Tusuk ikan lele menggunakan tusuk sate di dalamnya. Masukkan tusuk sate ke dalam mulut ikan lele sampai bagian perut atau ekor. Ini berguna membantu ikan lele tetap lurus ketika digoreng.
  5. Siapkan wajan yang sudah diisi minyak banyak, lalu masukkan ikan lele yang sudah ditaburi tepung kering ke dalam minyak. Goreng menggunakan api sedang.
  6. Balik ikan saat bagian bawah ikan matang. Jangan membolak-balik ikan lele terlalu sering karena ini membuat ikan mudah hancur dan lengket.
  7. Angkat ikan lele yang sudah matang, tunggu sampai agak dingin. Lepas tusuk sate di dalam mulut tubuh ikan lele.
  8. Sajikan ikan lele bersama sambal dan sayur lalapan.

 

Nah, itulah tips menggoreng lele agar lurus yang bisa bunda coba di rumah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share resepnya.

Baca juga : Resep Ikan Lele Bumbu Rujak

LihatTutupKomentar