-->

6 Cara Memasak Bayam Agar Tetap Hijau

6 Cara Memasak Bayam Agar Tetap Hijau

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang digemari, karena memiliki kandungan nutrisi sehat dan bermanfaat untuk tubuh. Bayam juga mempunyai vitamin A, C, dan K, dan juga mineral seperti zat besi, dan kalsium yang baik untuk kesehatan mata, rambut, dan kulit.

 

tips memasak bayam agar tetap hijau 

Tetapi terkadang ketika memasak bayam yang terlalu lama dapat menyebabkam warna bayam berubah menjadi hitam dan teksturnya menjadi lunak atau lembek, sehingga tidak menarik. Bayam yang terlalu matang bisa merusak atau kehilangan nutrisi yang ada di dalamnya.

 

Berikut ini cara memasak bayam agar tetap hijau yang bisa diterapkan.

 

1. Jangan Memasak Terlalu Lama

Bayam memiliki kandungan antioksidan, mineral, vitamin, dan serat. Memasak bayam terlalu lama bisa merusak nutrisi yang dikandungnya. Jadi bayam harus direbus selama 1-2 menit saja. Cara ini selain membuat nutrisinya terjaga, juga menjaga bayam agar tetap hijau dan segar untuk kita konsumsi.

 

Bayam sebenarnya akan kehilangan setengah dari asam folatnya jika kita masak lebih dari 4 menit. Disamping itu, bayam juga akan berwarna hitam dan menjadi lembek. Bunda harus menghindari kemungkinan parasit tidak mati, karena dimasak dengan waktu yang sebentar. Maka dari itu, cucilah bayam sebaik mungkin sebelum kita masak.

 

2. Bayam Jangan Dipanaskan Berulang

Jangan memanaskan ulang bayam, bukan karena bayam mengandung nitrat yang beracun, namun kandungan nutrisi bayam semakin rusak.

 

Sayur bayam yang dipanaskan ulang dan didiamkan terlalu lama dapat berubah menjadi hitam atau hijau gelap.

 

3. Hilangkan Kotoran dan Ulat Menggunakan Air Garam

Untuk menghilangkan kotoran dan ulat pada bayam, rendamlah bayam pada wadah yang telah dicampur menggunakan garam. Ini berguna untuk menghilangkan ulat atau hewan kecil  lain yang menempel pada bayam, sehingga bayam bisa bersih sempurna.

 

4. Membuat Keripik Bayam

Selain dapat ditumis dan direbus, bayam juga bisa digoreng menjadi keripik. Jika bunda ingin memasak bayam untuk dibuat menjadi keripik perlu diketahui supaya bayam dicuci dan biarkan agak mengering sebelum diolah. Cara ini berguna supaya daun bayam tidak cepat garing dan berubah warna ketika dimasak.

 

tips memasak bayam

5. Gunakan Wajan Stainless Steel

Ketika memasak bayam, pakailah wajan atau panci stainless steel. Jenis wajan ini akan menjadikan makanan lebih cepat matang, sehingga mencegah bayam akan berubah warna.

 

6. Air Harus Mendidih Sebelum Memasak

Ketika memasak bayam menggunakan air, baik ditumis atau sup, pastikan air rebusan atau kukusan sudah benar-benar mendidih. Bayam tidak perlu terlalu matang, tetapi cara ini membantu bayam cepat layu dan matang serta tekstur yang renyah.

 

Nah, itulah cara memasak bayam agar tetap hijau yang bisa bunda terapkan di rumah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

LihatTutupKomentar