-->

Resep Kue Lapis Pepe ala Ny Liem

 

kue lapis pepe ny liem - by @debbie_ariesthea

Resep Kue Lapis Pepe ala Ny Liem

Jajanan pasar berlapis-lapis ini disebut kue pepe. Kue pepe atau kue lapis sagu ini memiliki rasa manis dan lengket. Cara membuatnya cukup mudah kok. Yuk simak resep kue lapis pepe ala Ny Liem berikut ini.  

 

Bahan-bahan

Bahan A :

- 1,2 liter santan dari 2 butir kelapa

- 450 gr gula pasir

- 5 lmbr daun pandan

- 2 sdt garam

 

Bahan B :

- 550 gr tepung tapioka kualitas bagus

- 1 sdm tepung ketan

- 1 sdt pasta vanilla

- 70 ml endapan pandan

- 1 sdt pasta pandan (opsional)

 

Cara Membuat Kue Lapis Pepe ala Ny Liem :

- Langkah pertama panaskan bahan A cukup sampai hangat dan gula menjadi larut, diamkan hingga suhu ruang lalu buang daun pandannya.

- Selanjutnya campurkan tepung ketan dan tepung tapioka, lalu tuangkan santan kelapa secara bertahap dan aduk hingga rata dan tidak bergerindil. Masukkan pasta vanilla, aduk rata, kemudian saring.

- Kemudian bagi dua adonan sama rata. Satu bagian dibiarkan putih, sementara satu bagian lain beri endapan pandan dan juga pasta pandan, aduk merata.

- Panaskan kukusan hingga beruap banyak, lalu masukkan loyang yang sudah dioles minyak, panaskan loyangnya. Kalau menggunakan kukusan biasa, tutupnya diikat kain agar airnya tidak menetes.

- Tuangkan satu centong adonan putih, sebelum dituang ke loyang adonan harus diaduk karena tepung biasanya mengendap di dasar mangkok..

- Kemudian kukus selama kurang lebih 7 menit tergantung ketebalan adonan yang dituang (harus sampai matang baru dapat dituangkan layer berikutnya).

- Lakukan bergantian warnanya hingga habis, setiap layer dikukus selama 7 menit. Untuk layer terakhir (adonan habis), kukus selama kurang lebih 30 menit.

- Jika sudah matang biarkan hingga suhu ruang atau semalaman.

- Keluarkan kue. Lalu potong-potong dan kue lapis pepe ala Ny Liem siap disajikan

 

Tips :

Pastikan setiap lapisan sudah mengeras ketika menuangkan lapisan baru di atasnya. Menuangkan lapisan baru di atas lapisan yang belum keras, akan membuat lapisan tersebut tetap basah walaupun kue pepe sudah matang.

 

Demikianlah resep kue lapis pepe ala Ny Liem yang bisa bunda coba di rumah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share resepnya.

Baca juga : Resep Rainbow Cake Kukus ala Ny Liem

LihatTutupKomentar