-->

Tips Menggoreng Cumi-Cumi Agar Tidak Meletus

Tips Menggoreng Cumi-Cumi Agar Tidak Meletus

Memasak memang aktifitas yang gampang-gampang susah. Agar aktifitas memasak makin mudah dan menyenangkan memang memerlukan pengetahuan yang banyak seputar memasak, salah satunya yaitu saat ingin menggoreng cumi-cumi.

 

cara menggoreng cumi agar tidak meletus - by @coffeeone.sby

Menggoreng cumi-cumi ternyata juga ada tipsnya. Jika tidak, menggoreng cumi dapat menjadi hal yang merepotkan bahkan hasilnya bisa jadi tidak enak dan alot.

 

Salah satu permasalahan yang dijumpai ketika menggoreng cumi yaitu minyak yang meletus. Jika tidak hati-hati, minyak akan terciprat ke kulit tangan atau bagian tubuh lainnya. Nah, berikut ini tips menggoreng cumi-cumi agar tidak meletus.

 

1. Tiriskan setelah dicuci bersih

Cumi merupakan protein laut yang kaya akan gizi. Cumi dapat diolah menjadi berbagai masakan yang lezat. Salah satu permasalahan yang sering terjadi ketika menggoreng cumi sehingga mengakibatkan minyak meletus yaitu adanya air.

 

Cumi dalam kondisi basah sebaiknya jangan langsung digoreng. Kandungan air yang banyak dalam cumi membuat minyak meletus. Sebaiknya setelah dicuci tiriskan cumi  terlebih dahulu, lap menggunakan tisu dapur untuk mengurangi kadar airnya sehingga cumi tidak meletus ketika digoreng.

 

2. Buang kulit terluar

Cumi mempunyai kulit bercorak tipis pada bagian luarnya. Kulit ini sebaiknya dikuliti lalu dibuang sebelum diolah selanjutnya. Bukan cuma menimbulkan aroma dan rasa cumi lebih amis namun juga memberikan ruang untuk minyak meletus ketika digoreng. Cumi-cumi dapat meletus karena terdapat celah atau ruang kosong pada kulit cumi-cumi yang mengembang ketika terkena minyak panas.

 

cumi goreng tepung - by @mattan_chai

3. Beri lapisan tepung

Lapisi cumi menggunakan tepung sehingga tidak meletus ketika digoreng. Tepung akan menjadikan permukaan cumi tidak basah sehingga akan mengurangi resiko cumi meletus saat digoreng. Selain itu, lapisan tepung akan memberikan rasa lebih gurih dan renyah pada cumi goreng. Lapisan tepung juga akan mengurangi jumlah minyak yang terserap ke dalam cumi serta membuat cumi tidak meletus saat digoreng.

 

Nah, itu tadi tips menggoreng cumi-cumi agar tidak meletus yang bisa bunda terapkan. Dengan begini bunda tidak perlu lagi khawatir saat menggoreng cumi. Semoga tips ini bermanfaat dan jangan lupa share.

 

Baca juga : Tips Memasak Cumi Agar Tidak Alot dan Enak

LihatTutupKomentar