-->

Cara Menghilangkan Gatal Pada Lompong (Batang Talas)

Cara Menghilangkan Gatal Pada Lompong (Batang Talas)

Lompong atau batang talas mungkin tidak terlalu populer jika dibandingkan sayuran yang lain yang biasa dijual dipasaran. Batang talas mempunyai kandungan serat yang baik untuk melancarkan pencernaan dan juga lezat saat dimakan. Saat diolah, tekstur sayur lompong mempunyai kelezatan tersendiri dibandingkan dari sayuran lain.

 

Namun batang talas tidak dapat langsung diolah begitu saja cuma dengan mencuci dan memotong-motong saja. Batang talas mempunyai getah yang akan menyebabkan gatal jika langsung dimakan. Sebelum diolah, terdapat beberapa cara menghilangkan gatal pada lompong (batang talas) sehingga lezat ketika dimasak. Simak caranya berikut ini.

 

cara menghilangkan gatal batang talas - gambar tokopedia.com

1. Kupas Kulit Terluar

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengupas kulit yang berwarna hijau atau ungu pada bagian terluar batang talas. Ini dilakukan untuk mengurangi kandungan getah di dalam lompong (batang talas). Umumnya getah terletak pada bagian kulit terluar batang.

 

2. Remas Menggunakan Garam

Setelah dikupas, potong-potong lompong, lalu cuci bersih menggunakan air lalu tiriskan. Tambahkan 2 sdm garam ke dalam wadah lompong (batang talas) yang telah ditiriskan. Remas-remas lompong bersama garam sehingga getahnya keluar dari dalam. Jika batang talas sudah cukup layu, cuci bersih lagi.

 

3. Rebus Dengan Air Garam

Jika bunda tidak ingin repot meremas, terlebih jika kulit bunda sensitif terhadap getah lompong, sebaiknya direbus saja bersama air garamnya. Getah lompong dapat menyebabkan gatal di kulit tangan, jadi sebaiknya direbus langsung sampai layu. Selanjutnya tiriskan dan cuci bersih lompong (batang talas).

 

4. Rebus Dengan Asam Jawa

Selain cara di atas bunda bisa menggunakan asam jawa untuk menghilangkan gatal pada batang talas. Caranya cukup rebus menggunakan asam jawa secukupnya sampai layu, kemudian tiriskan.

 

sayur batang talas - by @siskacookings

5. Biarkan Semalaman

Lompong yang baru saja diambil atau dipanen sebaiknya jangan langsung dimasak karena kandungan getahnya masih terlalu banyak. Sebaiknya diamkan selama semalam dengan cara posisi diberdirikan. Sandarkan batang talas di dinding sehingga getahnya dapat menetes sampai habis. Jika sudah, lompong dapat dibersihkan dan dicuci.

 

Nah, itu tadi cara menghilangkan rasa gatal pada lompong (batang talas) sehingga lezat ketika diolah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.


Baca juga : Cara Membuat Sayur Lompong

LihatTutupKomentar