-->

Resep Kue Telur Penyu, Enak dan Lembut

 

cara membuat kue telur penyu - by @andi_ekyy

Resep Kue Telur Penyu, Enak dan Lembut

Ini adalah kue khas daerah Bugis, Makassar. Hampir sama seperti klepon, jika klepon bagian luarnya kelapa parut, tetapi kalau kue ini tepung sagu yang sudah disangrai. Kalau klepon, isinya gula merah, tapi kalau ini isinya unti kelapa parut. Yuk simak resep kue telur penyu berikut ini.

 

Bahan-bahan :

- 300 gram tepung beras ketan

- air secukupnya

- 1/4 sdt garam

- 1/2 butir kelapa diparut

- 75 ml air

- 4 sdm gula pasir

 

Cara Membuat Kue Telur Penyu :

- Langkah pertama campurkan semua bahan isi. Lalu masak hingga menjadi kental.

- Selanjutnya campurkan tepung beras ketan dan juga garam. Masukkan air sedikit demi sedikit hingga adonan dapat dibulatkan. Jika adonan terlalu lembek dapat ditambahkan tepung beras ketan.

- Bentuk adonan menjadi bulat-bulat, besarnya sesuai selera. Sebaiknya berukuran lebih kecil sedikit dari bola pingpong. Isi adonan bulat menggunakan bahan isi kemudian bulatkan kembali. Lakukan hingga adonan habis.

- Panaskan air yang telah dicampurkan dengan 2 sdm minyak. Jika air sudah mendidih, masukkan bola-bola adonan. Jika sudah mengambang, berarti adonan sudah matang. Angkat adonan yang sudah matang kemudian tiriskan.

- Masukkan bola-bola adonan yang telah ditiriskan ke dalam tepung sagu atau tapioka yang sudah disangrai. Balut bola-bola dengan tepung.

- Kue telur penyu siap dinikmati.

- Sajikan

 

Nah, itu tadi resep kue telur penyu yang bisa dicoba di rumah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

Baca juga : Resep Klepon Tepung Beras Rosebrand

LihatTutupKomentar