-->

Pengertian Teknik Memasak Poaching dan Teknik Lainnya

 

teknik poaching dan teknik memasak lainnya

Pengertian Teknik Memasak Poaching dan Teknik Lainnya

Terdapat berbagai macam teknik yang dapat dilakukan ketika memasak. Salah satu teknik memasak yang perlu dipelajari yaitu teknik poaching. Setiap masakan yang dibuat memiliki teknik masak yang berbeda, sehingga masakan yang dihasilkan memiliki cita rasa yang sempurna..

 

Teknik memasak poaching ini cukup mudah dilakukan. Kunci dari memasak menggunakan teknik poaching yaitu dengan memperhatikan suhu yang dipakai ketika memasak. Teknik dipakai untuk menghilangkan bau dan juga membuat tekstur bahan masakan menjadi lebih kuat, sebelum diolah menjadi masakan lainnya.

 

Selain teknik poaching, terdapat juga beberapa teknik memasak lainnya yang harus diperhatikan. Beberapa teknik memasak ini perlu dipelajari secara rutin, supaya lebih mahir dalam memasak.

 

Apa itu teknik Poaching ?

Poaching yaitu teknik memasak panas basah. Bahan makanan dimasak di dalam bahan cair misalnya air, santan, kaldu, atau susu. Teknik poaching ini hampir sama dengan merebus, tetapi bahan cair yang dipakai tidak terlalu banyak.

 

Ketika melakukan teknik poaching, bunda harus memakai api yang kecil. Pastikan suhu yang dipakai sekitar 92 - 96 derajat celcius. Umumnya teknik ini dipakai untuk memasak telur.

 

Teknik memasak poaching ini cukup unik. Bahan makanan seperti daging, telur, atau ikan dapat dimasukkan ke dalam plastik terlebih dahulu. Hal ini berfungsi untuk menaikkan suhu pada bahan makanan.

 

teknik memasak

Teknik Memasak Lainnya

1. Sauteing

Teknik memasak sauteing merupakan teknik menggoreng dengan menuangkan sedikit minyak saja. Umumnya teknik memasak ini memakai wajan yang datar. Pastikan minyak dalam keadaan panas ketika menggoreng, dan sebaiknya jangan menggoreng bahan makanan dalam jumlah yang banyak.

 

2. Stir Frying

Stir frying merupakan teknik menggoreng dengan cara menumis masakan dengan cara diaduk. Teknik ini hampir mirip dengan teknik sauteing. Teknik stir frying berasal dari China, menggunakan minyak yang lebih sedikit, sehingga tidak merendam semua bahan masakan dan tumisannya diaduk terus sampai matang.

 

3. Deep Frying

Teknik memasak selanjutnya adalah deep frying. Teknik Deep Frying yaitu teknik menggoreng dengan menggunakan minyak yang banyak. Bahan masakan yang digoreng terendam seluruhnya di dalam minyak. Teknik ini sering dipakai untuk menggoreng masakan yang menggunakan bahan tepung, ikan goreng dalam jumlah banyak, kerupuk, donat, maupun yang lainnya.

 

4. Shallow Frying

Teknik memasak berikutnya yaitu shallow frying. Teknik menggoreng ini memakai minyak yang tingginya sepertiga dari bahan masakan, sehingga teknik ini dinamakan dengan teknik menggoreng dangkal. Teknik ini umumnya dipakai untuk menggoreng ikan, telur, dan ayam.

 

5. Baking

Baking merupakan teknik memasak yang dipakai untuk membuat pastry atau kue kering. Sehingga teknik memasak ini memakai oven dengan suhu panas yang tinggi. Bahan makanan yang dimasak menggunakan teknik baking akan menghasilkan tekstur yang lebih kering.

 

Nah, itu tadi pengertian teknik poching dan juga beberapa teknik memasak lainnya yang perlu dipelajari agar memasak menjadi lebih mahir dan menyenangkan.

Baca juga : Tips Agar Es Krim Lebih Padat dan Lembut

LihatTutupKomentar