-->

Tips Agar Es Krim Lebih Padat, Lembut dan Tidak Eneg

Tips Agar Es Krim Lebih Padat, Lembut dan Tidak Eneg

Es krim adalah salah satu makanan manis yang disukai anak-anak hingga orang dewasa. Es krim yang padat, lembut dan tidak eneg pasti akan semakin nikmat saat dimakan.  

 

tips agar es krim lebih padat, lembut dan tidak eneg

Membuat es krim sebenarnya cukup mudah tapi agak susah. Mudah karena kita dapat membuat sendiri di rumah, dan susah karena saat kita keliru menggunakan teknik membuat es krim, es krim yang sudah jadi akan terlalu lembek atau mungkin terlalu keras. Lalu bagaimana tips agar es krim lebih padat, lembut dan tidak eneg?

 

Di bawah ini beberapa tips agar es krim padat, lembut dan tidak eneg. Yuk simak!

 

Perhatikan Takaran Bahan

Tips pertama yaitu menggunakan takaran bahan es krim. Sebaiknya es krim dibuat dengan takaran yang pas sesuai petunjuk pada kemasan bubuk es krim. Pastikan takaran susu dan krim untuk membuat es krim juga pas. Takaran yang pas akan memperoleh hasil es krim yang lebih padat, lembut dan tidak eneg.

 

Pemilihan Krim

Gunakan krim yang berkualitas untuk membuat es krim. Krim sangat menentukan kepadatan hasil akhir es krim. Jika bunda suka es krim yang super lembut, bunda dapat menambahkan krim lebih banyak di dalam adonan es krim. Namun jika suka es krim yang lebih padat atau keras, pakailah susu yang lebih banyak dibandingkan krimnya.

 

Suhu Untuk Membekukan Es Krim

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu suhu untuk membekukan es krim. Sebaiknya es krim dibekukan pada suhu maksimal 18 derajat celcius. Es krim yang dibekukan pada suhu yang terlalu rendah akan menyebabkan es krim tidak padat sempurna. Es krim yang dibekukan pada suhu yang terlalu tinggi akan menimbulkan bunga es yang menyebabkan kualitas es krim menurun. Es krim sebaiknya dibekukan paling cepat selama 5 sampai 6 jam.

 

gambar - anasco.nl

Bungkus Es Krim

Pembungkusan es krim juga perlu diperhatikan. Sebaiknya es krim dibungkus dengan bungkus yang rapat serta kedap udara. Letakkan es krim di dalam kotak khusus yang kedap udara. Bunda juga dapat melapisi kotak es krim menggunakan bubble wrap atau aluminium foil.

 

Nah, itulah beberapa cara dan tips agar es krim lebih padat, lembut dan tidak eneg. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

LihatTutupKomentar