-->

Cara Memasak Daging Ayam Petelur Agar Cepat Empuk

 

Cara Memasak Daging Ayam Petelur Agar Cepat Empuk

Memasak daging ayam potong mungkin akan mudah bagi banyak orang karena daging cepat empuk dan membutuhkan waktu memasak yang sebentar. Sangat berbeda jika memasak ayam kampung atau ayam petelur. Kedua daging ayam ini lebih alot sehingga memerlukan waktu memasak lebih lama dan harus menggunakan teknik memasak khusus.

 

cara memasak daging petelur agar empuk

Untuk memasak daging ayam petelur yang memiliki tekstur alot, sebaiknya simak tips cara memasak daging ayam petelur agar cepat empuk berikut ini.

 

Marinasi Daging Ayam

Sebelum daging ayam petelur direbus, sebaiknya dimarinasi bersama bumbu. Dengan teknik marinasi ini daging ayam petelur akan terasa lebih lezat dan gurih. Daging ayam petelur juga akan lebih cepat empuk ketika direbus. Marinasi daging ayam dengan garam dan air lemon secukupnya. Bunda juga dapat melakukan marinasi daging ayam dengan bumbu kuning selama 1 sampai 3 jam sebelum daging ayam direbus.

 

Manfaatkan Pepaya dan Nanas Muda

Bunda dapat menggunakan pepaya dan nanas muda untuk memasak daging ayam petelur supaya cepat empuk. Ketika merebus daging ayam, masukkan potongan pepaya atau nanas muda ke dalamnya. Rebus daging ayam petelur selama 30 sampai 45 menit untuk mendapatkan kematangan yang cukup. Hal ini juga membuat daging ayam petelur lebih juicy dan empuk.

 

Teknik 5 - 7 - 5

Teknik memasak ini juga dapat dipakai untuk memasak daging ayam petelur yang keras dan alot. Caranya yaitu rebus air secukupnya sampai mendidih lalu masukkan daging ayam ke dalamnya. Rebus daging ayam di dalam air mendidih selama kurang lebih 5 menit menggunakan api sedang dan panci tertutup.

 

Setelah 5 menit lalu matikan kompor, diamkan daging ayam tetap di dalam panci dengan tetap tertutup selama kurang lebih 30 sampai 45 menit. Selanjutnya nyalakan lagi api kompor lalu rebus lagi daging ayam selama 7 menit dengan panci tetap tertutup. Setelah 7 menit kemudian matikan kompor lalu diamkan selama 5 menit. Hasilnya daging ayam petelur yang sudah direbus akan lebih empuk serta tidak alot.

 

Rebus Bersama Bumbu Rempah

Cara berikutnya adalah dengan merebus bersama bumbu rempah. Hal ini akan membuat daging ayam petelur cepat empuk dan matang sempurna. Bumbu rempah dipercaya bisa membuat setiap masakan menjadi cepat empuk ketika dimasak.

 

Gunakan Panci Presto

Panci presto juga dapat digunakan untuk memasak daging ayam petelur agar cepat empuk. Walaupun daging ayam petelur bisa lebih empuk, tetapi memasak dengan menggunakan panci presto memerlukan waktu yang lumayan lama.

 

Nah, itulah beberapa beberapa cara untuk memasak daging ayam petelur agar cepat empuk. Semoga tips ini bermanfaat dan jangan lupa share.

Baca juga : Cara Membersihkan Daging Babat Agar Tidak Hitam

LihatTutupKomentar