-->

Beberapa Cara Membagi Resep Makanan Menjadi Setengah

 

tips membagi resep menjadi setengah porsi

Beberapa Cara Membagi Resep Makanan Menjadi Setengah

Kadang kita menemukan resep masakan yang menarik untuk dicoba namun porsi dan bahannya kebanyakan, hingga akhirnya kita mencari cara untuk bisa mengakalinya. Salah satu caranya yaitu dengan membagi resep menjadi setengah.

 

Tetapi ada hal-hal yang harus diperhatikan saat ingin membagi resep menjadi setengah dari porsi aslinya. Karena perubahan porsi resep dapat mengubah citarasa dan menjadi tidak sedap. Nah, berikut ini beberapa cara membagi resep makanan menjadi setengah yang bisa dicoba.

 

1. Cermati detail resepnya

Kita harus membaca keseluruhan resep dengan cermat dan bahan yang ingin dibagi. Bacalah daftar bahan serta petunjuk yang ada di dalam resep, dengan begitu kalian akan tahu bahan-bahan apa saja yang dapat dibagi dan bahan mana yang tidak terlalu penting untuk dibagi atau dikurangi.

 

2. Tulis lagi resep yang telah dibagi

Supaya lebih mudah saat memasak, sebaiknya kita tulis ulang resep, sehingga tidak bingung ketika memasak. Kita juga dapat menambahkan beberapa catatan pada bumbu atau bahan yang mengalami perubahan. Perhatikan juga perubahan waktu yang juga membutuhkan perubahan karena bahan yang kita bagi atau kurangi.

 

3. Timbang jika tidak yakin

Jika kalian merasa kurang yain dengan bahan-bahan yang akan dibagi, kalian dapat memakai timbangan supaya lebih yakin. Sebenarnya semua bahan perlu ditimbang dengan benar, terlebih jika kita ingin membuat roti atau kue. Biasanya, resep makanan akan lebih mudah dibagi atau menyesuaikan dengan porsi yang kita inginkan.

 

4. Bertanya pada orang yang sering memasak

Terkadang membagi resep juga harus memperhatikan kemampuan memasak. Jika kalian orang yang sering memasak, seharusnya kalian tahu bahan mana yang dapat dibagi dan mana yang tidak karena tidak semua bumbu dan bahan dapat dibagi begitu saja. Jika kalian tidak yakin dengan kemampuan memasak diri sendiri, sebaiknya bertanya pada orang yang memang sudah ahli memasak.

 

Nah, itu tadi beberapa cara membagi resep makanan menjadi setengah yang bisa diterapkan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

Baca juga : Tips Memilih Wajan Anti Lengket Dengan Mudah

LihatTutupKomentar