-->

Beberapa Tips Membuat Sate Daging Sapi Yang Empuk

 

tips daging sate empuk

Beberapa Tips Membuat Sate Daging Sapi Yang Empuk

Daging sapi dapat diolah menjadi sate yang empuk dan lezat. Tetapi kadang kita akan menemui tekstur daging sapi yang terasa alot ketika diolah menjadi sate. Terdapat beberapa tahapan penting yang harus dilakukan jika ingin membuat sate daging sapi yang empuk.

 

Pemilihan daging juga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Selain itu racikan bumbu juga harus diperhatikan untuk memastikan sate daging sapinya lezat. Berikut ini beberapa tips membuat sate daging sapi yang empuk.

 

Gunakan Daging Sapi Bagian Has Dalam

Daging sapi bagian has dalam sangat cocok untuk diolah menjadi sate. Selain itu daging sapi bagian has luar juga bisa dijadikan pilihan. Sedangkan daging lamusir depan juga terkadang dipilih untuk diolah menjadi steak atau dijadikan sate.

 

Potong Daging Melintang Serat

Selanjutnya perhatikan ukuran dan juga ketebalan daging sapi yang akan digunakan untuk membuat sate. Untuk membuat sate, potonglah daging sapi melintang serat dengan ketebalan kira-kira 1/2 cm. Tidak perlu terlalu besar atau tebal agar daging cepat empuk ketika dipanggang atau dibakar.

 

Rendam Daging di Dalam Bumbu

Kita dapat membuat bumbu rendaman untuk mendapatkan olahan sate daging sapi yang lezat. Untuk 500 gram daging sapi, kita dapat membuat bumbu rendaman yang terdiri dari 9 siung bawang merah, 8 siung bawang putih, 1/2 sdt ketumbar, merica, gula merah, garam, 1 ruas jari laos, 1 ruas jari jahe, 3 sdm air asam jawa, dan kecap.

 

Semua bahan bumbu tersebut dihaluskan kemudian gunakan untuk merendam daging sapi selama kurang lebih 30 menit hingga satu jam. Jika sudah, daging sapi bisa ditusuk menggunakan tusuk sate. Nantinya, bumbu sisa rendaman dapat dipakai untuk olesan saat daging sapi dipanggang atau dibakar.

 

Pastikan alat pemanggang telah diolesi dengan sedikit mentega atau minyak supaya sate daging tidak lengket. Panggang sate sambil sesekali dibalik agar matang merata.

 

Nah, itu tadi beberapa tips membuat sate daging sapi yang empuk yang bisa dicoba di rumah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

Baca juga : Resep Sate Ayam Bumbu Rujak

LihatTutupKomentar