-->

Cara Menggoreng Kerupuk Agar Tidak Bantat dan Mengembang

Cara Menggoreng Kerupuk Agar Tidak Bantat dan Mengembang

Memasak merupakan aktivitas yang begitu menyenangkan, terutama bagi ibu-ibu rumah tangga. Terlebih jika masakan yang kita olah memiliki rasa yang lezat dan disukai keluarga.

cara menggoreng kerupuk tidak bantat

Salah satu aktivitas memasak yang terdapat sedikit tantangan yaitu menggoreng kerupuk. Saat teknik yang kita gunakan keliru, kerupuk yang kita goreng akan menjadi bantat, tidak mengembang hingga gosong. Menggoreng kerupuk dapat dikatakan gampang-gampang susah.

 

Lalu bagaimana cara menggoreng kerupuk agar tidak bantat dan mengembang? Yuk simak cara menggoreng kerupuk yang benar berikut ini.

 

Tips Menggoreng Kerupuk Agar Tidak Bantat dan Mengembang

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggoreng kerupuk. Hal yang paling penting yaitu penggunaan minyak dan juga kualitas api. Untuk memperoleh hasil kerupuk yang tidak bantat dan mengembang sempurna, simak tips berikut ini :

  1. Sebelum digoreng, kerupuk mentah harus dijemur terlebih dulu. Kerupuk yang baru saja dijemur akan lebih keras dan lebih mengembang ketika digoreng.
  2. Pakialah minyak yang banyak. Ketika menggoreng kerupuk, pastikan supaya minyak merendam semua bagian kerupuk seluruhnya.
  3. Pakailah wajan yang tepat. Wajan yang bagus untuk menggoreng kerupuk yaitu wajan cekung.
  4. Pastikan panas api yang digunakan untuk menggoreng kerupuk juga tepat. Panaskan minyak sampai benar-benar panas lalu kecilkan api hingga api stabil pada suhu sedang. Kerupuk yang digoreng pada suhu terlalu panas menjadi cepat gosong dan bantat. Sementara kerupuk yang digoreng pada suhu terlalu kecil tidak akan mengembang sempurna.
  5. Gorenglah kerupuk satu persatu sambil ditekan-tekan. Jangan menggoreng kerupuk langsung banyak dalam sekali menggoreng. Ini akan menyebabkan kerupuk tidak mengembang sempurna terlebih jika jumlah kerupuk yang digoreng lebih banyak dibandingkan jumlah minyak di wajan.
  6. Aduk kerupuk supaya matang merata. Bolak-balik kerupuk yang digoreng supaya kerupuk matang merata dan mengembang sempurna.
  7. Tips yang terakhir yaitu segera angkat kerupuk yang sudah matang dan renyah. Terlalu lama menggoreng kerupuk bisa membuat kerupuk gampang gosong.

 

cara menggoreng kerupuk yang benar

Nah, itulah beberapa cara menggoreng kerupuk agar tidak bantat dan mengembang sempurna. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

LihatTutupKomentar