-->

Cara Memasak Sorgum Menggunakan Rice Cooker

cara memasak sorgum - by @yantsorghum

Cara Memasak Sorgum Menggunakan Rice Cooker

Sorgum sekarang ini telah menjadi bahan makanan alternatif sebagai pengganti beras. Bahan makanan lokal ini banyak tumbuh di daerah Jawa, Nusa Tenggara, dan juga Sulawesi.

 

Disamping itu serat, antioksidan, serta protein sorgum juga cukup tinggi. Setahun belakangan sorgum mulai populer di kalangan orang yang menerapkan gaya hidup sehat bebas gluten.

 

Sorgum ini bisa dibeli melalui e-commerce. Harga satu kilogram beras sorgum sekitar 35 ribu sampai 50 ribu, tergantung jenis dan merk sorgum. Terdapat dua jenis sorgum yang umum dijual di e-commerce, yaitu sorgum putih dan merah.

 

Cara memasak sorgum ini cukup mudah, bunda bisa memasak sorgum dengan menggunakan rice cooker seperti memasak beras pada umumnya, berikut ini cara memasak sorgum :

1. Langkah pertama cuci beras sorgum dua kali memakai air bersih mengalir. Kemudian tiriskan airnya.

2. Selanjutya taruh sorgum yang telah dicuci ke dalam rice cooker, lalu tuangkan air dengan takaran dua kali air masak beras.

3. Kemudian nyalakan tombol masak di rice cooker. Sesudah terdengar air masak sorgum mendidih, buka tutup rice cooker kemudian aduk rata.

4. Ketika air sudah mau kering, aduk rata sorgum kembali. Beras sorgum ini gampang menempel pada panci, saat memasak sebaiknya rajin diaduk.

5. Test rasa sorgum, jika sudah empuk dan air rice cooker telah mengering matikan tombol masak pada rice cooker.

6. Aduk rata supaya uap panas keluar dan buka terus tutup rice cooker hingga sorgum agak dingin. Sorgum siap disajikan dengan berbagai lauk.

 

Tips: Simpan sorgum di dalam wadah tertutup rapat. Sama halnya dengan beras, sorgum ini juga disukai kutu. Jadi sebaiknya belilah sorgum secukupnya. Nah, itu tadi cara memasak sorgum sebagai pengganti nasi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya bunda!

LihatTutupKomentar