-->

6 Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket dan Hancur

6 Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket dan Hancur

Saat menggoreng ikan, kita sering mendapati ikan yang kita goreng lengket dan hancur. Ikan yang hancur tentu tidak menarik tampilannya, apalagi untuk dihidangkan untuk orang lain.

 

cara menggoreng ikan agar tidak lengket dan hancur - gambar maggi.id

Lalu bagaimana cara menggoreng ikan agar tidak lengket dan hancur? Berikut ini terdapat beberapa tips menggoreng ikan supaya tidak hancur dan juga lengket.

 

1. Pakai Wajan Bersih dan Minyak Baru

Pakailah wajan yang bersih serta minyak yang baru. Wajan yang bersih akan mengurangi resiko ikan lengket di wajan. Berbeda dengan wajan yang telah dipakai sebelumnya dan masih terdapat sisa makanan yang menempel, ini dapat membuat ikan menjadi lengket ketika digoreng.

 

2. Minyak Harus Panas

Ketika memasukkan ikan ke dalam wajan, pastikan minyak sudah panas. Memasukkan ikan ke dalam wajan dengan minyak yang belum panas akan menyebabkan ikan menjadi lengket dan hancur. Minyak yang belum panas juga akan menyebabkan ikan menyerap minyak terlalu banyak ketika sudah matang.

 

3. Peras Lemon ke Dalam Minyak

Cara menggoreng ikan agar tidak lengket dan hancur selanjutnya adalah dengan perasan lemon. Caranya adalah dengan memeras lemon ke dalam minyak. Tidak perlu banyak-banyak, peras sedikit saja. Selain dapat menghindari resiko ikan lengket, perasan air lemon ini juga meminimalisir ikan meletus dan memuncratkan minyak ketika digoreng.

 

cara menggoreng ikan - gambar haibunda.com

4. Balut Ikan Menggunakan Tepung

Setelah ikan sudah dibumbui dan telah siap digoreng, balutkan tepung kering pada ikan tersebut. Ini akan membuat ikan tidak mudah lengket saat digoreng. Membalut ikan menggunakan tepung juga akan membuat ikan goreng kering dan tahan lama. Tekstur ikan bagian luar juga menjadi lebih kriuk dan enak.

 

5. Balik Ikan Setelah Kering

Ketika membalik ikan, usahakan membalik ikan yang bagian terendam minyak telah kering. Membalik ikan ketika ikan masih basah akan mengakibatkan ikan lengket dan menjadi hancur.

 

6. Pakai Api Sedang

Api yang dipakai untuk menggoreng ikan sebaiknya mempunyai suhu sedang. Artinya, tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu hangat. Minyak dengan api yang terlalu panas dapat menyebabkan ikan mudah gosong. Sedangkan minyak dengan api yang kecil, akan membuat ikan lama matang dan juga kering.

 

Nah, itulah beberapa cara dan tips menggoreng ikan agar tidak lengket dan hancur. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

LihatTutupKomentar