Tips Memilih Wajan Anti Lengket Dengan Mudah

 


Wajan anti lengket memang jadi alat masak yang paling dicari oleh Ibu Rumah Tangga karena sangat efektif penggunaannya dalam kegiatan masak memasak. Memasak dapat dikatakan suatu kewajiban dan juga jadi hobi bagi setiap orang yang melakukannya terutama ibu rumah tangga.


Namun ada beberapa masalah ketika memasak, pasti sering dialami seperti gas habis ketika memasak, atau mungkin wajan yang lengket ketika memasak, sehingga ini sangat menjengkelkan dan mengganggu saat proses memasak. Padahal para ibu yang memakai wajan ini sudah membersihkan wajan dengan benar dan memakai minyak panas. Tetapi tetap saja wajan yang digunakan mengolah masakan jadi lengket dan meninggalkan bekas.


Tips Memilih Wajan Anti Lengket


Jangan khawatir, karena ada beberapa tips untuk memilih wajan anti lengket dengan mudah sebelum kita membelinya.


1. Bahan Wajan

Wajan yang beredar di pasaran biasanya berbahan keramik, teflon, dan stainless steel. Wajan yang paling sering dipakai memasak karena kekuatan anti lengketnya yaitu yang berbahan teflon tetapi biasanya teflon tidak kuat ketika suhu panas yang tinggi sehingga gampang terkelupas jika perawatannya tidak benar. Kita juga dapat memakai wajan berbahan keramik, walaupun lebih mahal dari wajan teflon wajan berbahan keramik memang mempunyai kekuatan anti lengket yang cukup bagus dan tidak gampang terkelupas seperti teflon.


2. Pemilihan Gagang

Selain bahan dari wajan, pemilihan gagang juga penting pada wajan anti lengket yang bagus, seperti berbahan plastik, kayu maupun logam. Tetapi, bahan logam lah yang paling direkomendasikan, karena bahan logam mudah dibersihkan, tahan lama dan awet. Namun, gagang berbahan plastik dan kayu lebih aman karena tidak menghantarkan panas saat memasak sehingga nyaman digunakan.


3. Ukuran Wajan Yang Dibutuhkan

Kita juga harus memperhatikan ukuran wajan yang sesuai kebutuhan. Sangat aneh jika kita memakai wajan untuk memasak nasi goreng tetapi dengan wajan khusus pancake. Jadi, tetap harus kita sesuaikan ya. Selain itu sesuaikan juga dengan sutil yang kita pakai berbahan plastik tahan panas, silikon atau kayu. Karena sutil berbahan stainless steel akan gampang menggores wajan yang kita pakai.


4. Merk

Sebuah brand atau merk tidak akan mengkhianati kualitas dari barang itu sendiri. Untuk itu kita juga harus memperhatikan merk yang kredibel sehingga hasilnya tidak mengecewakan, dan menjamin kenyamanan dan keamanan dalam penggunaannya sehingga tidak berbahaya.


5. Membaca Review

Biasanya melihat review atau membaca sebuah produk oleh para konsumen sering dilupakan. Padahal review begitu penting untuk dicermati sebagai bahan referensi sebelum mengambil keputusan untuk membeli produk. Memang banyak beberapa informasi terkait bahayanya wajan anti lengket bagi kesehatan, tetapi dengan adanya review kita dapat melihat penilaian dan juga spesifikasi produk yang kredibel dan sudah terpercaya. Nah, itulah beberapa tips memilih wajan anti lengket dengan mudah. Semoga bermanfaat dan kegiatan memasak menjadi menyenangkan ya.


ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post