-->

Cara Membuat Gudeg Agar Merah, Sangat Mudah!

 

cara membuat gudeg merah by @andykasept

Cara Membuat Gudeg Agar Merah, Sangat Mudah!

Gudeg merupakan salah satu makanan khas dari kota gudeg Yogyakarta. Bahkan makanan ini telah menjadi kuliner yang legendaris di Indonesia. Bahan baku masakan gudeg berasal dari nangka muda yang dimasak menggunakan santan. Cara membuat gudeg agar merah ini cukup mudah, gudeg merah juga menjadi salah satu kuliner yang paling banyak dicari.

 

Tetapi harus bunda tahu sebelumnya, jika terdapat berbagai macam varian gudeg. Di samping itu, warnanya juga mempunyai varian. Salah satunya yaitu gudeg warna merah. Ternyata ada beberapa cara khusus membuat gudeg agar merah yang bisa terapkan di rumah. Tidak harus pergi ke Yogyakarta untuk menikmati gudeg merah, cukup membuatnya sendiri di rumah.

 

Cara Membuat Gudeg Agar Merah

Perlu diperhatikan, masakan gudeg mempunyai beberapa warna. Ada gudeg coklat dan juga ada gudeg merah. Tetapi biasanya gudeg identik dengan warna merah. Terdapat beberapa cara untuk membuat gudeg agar merah. Kuncinya yaitu pada penambahan daun jati. Namun ada cara yang lainnya saat susah menemukan daun jati. Yakni dengan memakai gula merah dan juga teh celup. Supaya tidak penasaran, berikut resep cara membuat gudeg yang berwarna merah.

 

Memakai Daun Jati

Daun jati ternyata dapat membuat gudeg berwarna merah. Tentu saja daun yang dipakai yaitu daun muda, sedangkan yang diambil adalah bagian pucuk daun. Sebelum dipakai, rebus pucuk daun jati hingga airnya berwarna merah lalu disaring. Hasil rebusan ini digunakan untuk merebus nangka muda yang akan diolah menjadi gudeg.


Tanpa Daun Jati

Tidak usah khawatir jika di sekitarmu tidak ada pohon jati. Ada alternatif lain yang dapat diterapkan agar gudeg berwarna merah. Yakni dengan memakai teh celup. Cara memasaknya juga hampir sama. Tetapi pemakaian teh celup paling banyak 2 kantong setiap resepnya. Caranya yaitu masukkan teh celup saat awal memasak. Angkat teh celup sebelum mendidih supaya isi teh tidak berhamburan keluar. Supaya lebih lezat dapat ditambahkan dengan gula merah.

 

Resep Gudeg Sederhana

Tidak lengkap rasanya jika tidak menambahkan resepnya juga. Berikut ini bahan yang harus disiapkan

500 gr nangka muda.

5 buah telur rebus.

Santan sedang dan kental.

daun salam, daun jeruk, dan lengkuas.

 

Bumbu halus :

8 butir bawang merah,

5 siung bawang putih,

kemiri,

ketumbar,

terasi, dan jinten.

 

Cara Membuat Gudeg Sederhana :

Tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan nangka muda, santan, telur dan bahan sisanya. Masak hingga bumbu meresap dan matang. Test rasa, angkat lalu sajikan.

 

Nah, itulah beberapa cara membuat gudeg agar merah yang bisa diterapkan di rumah. Tetapi tidak semua orang menyukai gudeg berwarna merah. Ada juga yang lebih suka gudeg berwarna coklat yang rasanya legit dan gurih. Namun ini sesuai dengan selera masing-masing. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan ya!

LihatTutupKomentar