Tips Memasak Kolang Kaling Empuk dan Tidak Asam

 


Tips Memasak Kolang Kaling Empuk dan Tidak Asam

 

Kolang kaling adalah salah satu bahan makanan yang banyak dicari ketika bulan puasa. Kolang kaling berasal dari buah pohon aren, teksturnya kenyal dan biasanya dibuat sebagai bahan campuran es dan takjil buka puasa.

 

Ternyata memasak kolang kaling hingga siap dipakai cukup sulit, karena harus melewati serangkaian proses pengolahan yang panjang untuk menghasilkan rasa kolang kaling yang enak. Nah, berikut ini adalah tips memasak kolang kaling yang empuk dan tidak asam.

 

1. Pilihlah kolang kaling yang masih muda  

Ketika membeli kolang kaling, usahakan untuk memilih kolang kaling yang masih muda dengan tekstur yang masih kenyal. Selain akan menghasilkan olahan yang lebih empuk, proses pemasakan kolang kaling muda juga lebih cepat.

Selain dapat dilihat dari teksturnya yang kenyal, kolang kaling muda mempunyai warna yang bening dan transparan. Sebaliknya, kolang kaling tua teksturnya lebih keras dan padat dengan bintik putih di bagian tengah buahnya.

 

2. Cuci kolang kaling memakai air mengalir

Di pasar, kolang kaling biasanya dijual dalam wadah berisi air agar segar lebih lama. Tetapi, kolang kaling yang direndam terlalu lama di dalam air akan menghasilkan lendir dan rasa asam yang akan membuat olahan kolang kaling menjadi kurang sedap.

Untuk itu, sebaiknya cuci kolang kaling di bawah air mengalir sampai benar-benar bersih dari kotoran dan lendir sebelum diolah. Bunda juga dapat merendam kolang kaling dengan air bersih berkali-kali sampai lendir benar-benar hilang.

 

3. Menghilangkan rasa asam kolang kaling memakai air beras

Untuk menghilangkan rasa dan aroma asam pada kolang kaling, bunda bisa memanfaatkan air bekas cucian beras untuk membilasnya. Selain dapat mengurangi asam pada kolang kaling, air cucian beras juga akan membantu mengangkat lendir yang mungkin masih tersisa.

Caranya, rendam kolang kaling memakai air beras selama kurang lebih satu hingga dua jam sampai muncul gelembung-gelembung keruh di permukaan air beras. Selanjutnya, cuci kembali kolang kaling sampai permukaannya terasa lebih kesat.

 

4. Rebus kolang kaling bersama dedaunan aromatik

Selain mencucinya dengan air beras, merebus kolang kaling bersama dedaunan aromatik seperti daun pandan atau daun jeruk juga bisa mengurangi aroma asam pada kolang kaling. Bukan hanya menghilangkan rasa asam, dedaunan aromatik ini juga bisa membuat olahan kolang kaling jadi lebih enak dan harum. Bunda juga bisa menambahkan aneka rempah seperti kayu manis kalau suka.

 

5. Rebus kolang kaling menggunakan air gula

Tips memasak kolang kaling yang terakhir yakni merebus kolang kaling dengan air gula supaya cita rasanya lebih lezat dan pastinya legit. Bukan hanya sebagai pemanis, gula juga sebagai pengawet alami yang membuat kolang kaling tetap berkualitas bagus walaupun disimpan berhari-hari. Kalau suka, bunda juga bisa menambahkan perasa buah yang akan menghasilkan cita rasa segar pada olahan kolang kaling.

 

Nah itulah Tips Memasak Kolang Kaling Empuk dan Tidak Asam. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi yang ingin mengolah kolang kaling ya.


Baca juga : Resep Kolak Ungu Kolang Kaling

 

LihatTutupKomentar