-->

Inilah 6 Cara Membersihkan Kerak Kompor, Sangat Mudah

cara membersihkan kerak kompor

Inilah 6 Cara Membersihkan Kerak Kompor, Sangat Mudah

Memasak memang menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang, terutama para ibu. Namun terkadang bahan makanan yang kita masak ada yang tidak sengaja terjatuh atau menempel pada kompor. Nah jika ini dibiarkan terus menerus, kompor jadi lebih mudah berkerak dan kotor. Pastinya hal seperti ini akan membuat kita tidak nyaman ketika menggunakannya.

 

Tenang, bunda tidak usah khawatir, kali ini rasalapar.com akan berbagi beberapa cara membersihkan kerak kompor yang bisa bunda coba lakukan dan tentunya sangat mudah. Yuk simak cara membersihkan kerak kompor berikut ini!

 

1. Pakai Lap Untuk Membersihkan Noda Ringan

Bunda bisa menggunakan lap microfiber untuk membersihkan debu untuk hasil maksimal dan kering lebih cepat.  Untuk noda minyak, bunda dapat memakai lap yang agak basah untuk membersihkan area kompor.  Pakailah lap microfiber, yang mempunyai daya serap yang lebih baik, supaya lebih gampang untuk menghilangkan noda.

 

2. Hilangkan Kerak Menggunakan Spons

Bunda bisa menggunakan spons untuk membersihkan noda yang sulit untuk dibersihkan. Untuk kompor yang mempunyai tingkat kerak tidak terlalu tebal, bunda dapat memakai spons yang mempunyai bagian agak kasar.

 

Tetapi, sebelumnya lepaskan bagian tungku kompor terlebih dahulu. Kemudian cuci dengan memakai sabun cuci piring lalu bilas di bawah air yang mengalir. Biarkan hingga kering, kemudian dapat diletakkan kembali di atas kompor.

 

3. Pakailah Sikat Supaya Lebih Mudah Dibersihkan

Langkah membersihkan kerak kompor selanjutnya yaitu dengan menggunakan material kawat besi. Ini digunakan untuk membersihkan kompor serta berbagai peralatan masak yang berkerak.

 

Bunda juga dapat menggunakan sikat supaya lebih gampang untuk membersihkan kerak kompor yang membandel. Tetapi, pastikan sikat mempunyai bulu yang kuat serta tidak mudah rontok. Supaya nyaman digunakan, pilihlah sikat dengan gagang pendek.

 

4. Alat Pengerik Yang Serbaguna

Alat lain yang dapat bunda pakai untuk membersihkan kerak pada peralatan masak yaitu alat pengerik. Bunda dapat membelinya di marketplace-marketplace secara online. Alat ini aman digunakan, sehingga alat ini tidak akan merusak kompor atau peralatan dapur di rumah bunda.

 

5. Hilangkan Noda Menggunakan Baking Soda

Apakah bunda tahu jika ternyata baking soda dapat dipakai supaya peralatan dapur kembali kinclong seperti baru.

 

Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan air dengan dua sendok baking soda, lalu semprotkan pada bagian kompor yang terkena noda. Kemudian, bersihkan bagian tersebut dengan menggunakan lap microfiber.

 

6. Gunakan Cairan Pembersih Untuk Hasil Maksimal

Selain cara di atas bunda juga dapat memakai cairan ini untuk membersihkan noda serta minyak pada kompor dengan sangat mudah.

 

Cairan pembersih dapat berfungsi membersihkan noda dengan hasil maksimal. Umumnya, cairan pembersih mempunyai kandungan khusus di dalamnya sehingga dapat membuat dapur serta peralatan memasak menjadi lebih bersih dan sehat.

 

Nah, itulah beberapa cara membersihkan kerak kompor dengan mudah dan hasil maksimal. Semoga tips di atas bermanfaat dan bisa membantu bunda di dapur sehingga kegiatan memasak menjadi semakin menyenangkan. Jangan lupa share ya bunda!

 

Baca juga : Inilah 6 Tips Menghemat Pemakaian Gas LPG

LihatTutupKomentar