-->

6 Tips Menghemat Pemakaian Gas LPG


Gas dapat dibilang salah satu kebutuhan pokok, karena sekarang sebagian besar orang sudah memasak memakai kompor gas. Lalu, bagaimana cara menghemat pemakaian gas LPG?

Menghemat pemakaian gas LPG sebenarnya tidak susah dan sederhana. Nah, dengan menghemat pemakaian gas LPG didapur akan menjadikan anggaran belanja bulanan menjadi hemat. Ingin tahu bagaimana caranya? Di bawah ini ada 6 tips menghemat pmakaian gas LPG yang dapat dipraktekkan dirumah.

 

Ukuran Api 

Sebaiknya pakailah api yang kecil dan tidak terlalu besar melebihi bagian atas dari penggorengan atau panci. Panas yang berlebih ini hanya akan terbuang sia-sia.

 

Tutup Panci 

Saat kita merebus, usahan untuk selalu menutup panci tersebut. Ini dilakukan untuk mempercepat proses pematangan karena uap yang dihasilkan tidak terbuang sia-sia dan juga dapat menghemat pemakaian gas LPG. Selain itu, nutrisi bahan pangan yang direbus tidak akan hilang.

 

Matikan Sebentar

Saat menumis sayur, matikan api saat sayuran masak setengah matang dan biarlah sayur tetap berada di dalam penggorengan, karena proses pematangan masih akan terus berlanjut sebagai akibat panas yang tersisa dari peralatan masak, sehingga gas yang digunakan tidak terbuang percuma.

 

Pakailah Peralatan Masak Berbahan Stainless Steel

Di pasaran banyak wajan dan panci yang bahannya aluminium yang harganya jauh lebih murah, serta yang berbahan enamel yang tampilannya terlihat cantik. Namun, sebenarnya kedua jenis logam ini bukan penghantar panas yang bagus. Penghantar panas terbaik untuk bahan memasak adalah stainless steel. Dengan memakai peralatan masak berbahan stainless steel, masakan akan lebih cepat matang.

 

Jangan Merebus Daging Terlalu Lama 

Bahan makanan yang paling boros pemakaian gas adalah daging, terutama yang bertulang seperti iga atau buntut. Jadi, ketika memasak daging, sebaiknya gunakanlah pressure cooker. Sebagai perbandingan, memasak iga atau buntut sampai empuk tanpa menggunakan pressure cooker biasanya membutuhkan waktu sampai 2 jam. Sedangkan dengan memakai pressure cooker, cuma membutuhkan waktu 50 menit saja daging sudah empuk dan matang.

 

Ukuran Alat Masak Dengan Bahan Yang Dimasak Harus Sesuai 

Pakailah peralatan masak yang ukurannya sesuai dengan porsi makanan yang akan dimasak. Kalau porsi makanan yang akan dimasak kecil, jangan memakai wajan atau panci yang besar. Karena, wajan dan panci yang besar memerlukankan waktu lebih lama untuk menjadi panas. Sehingga, pemakaian gas akan menjadi lebih banyak.

Itulah beberapa tips menghemat gas LPG, semoga bermanfaat ! 


LihatTutupKomentar