-->

Cara Memasak Rawon Tetelan Sapi, Nikmat Banget

 

resep rawon tetelan sapi - photo by @christina_leny

Cara Memasak Rawon Tetelan Sapi, Nikmat Banget

Resep rawon tetelan sapi akan terasa jauh lebih gurih dibandingkan rawon daging pada umumnya. Kandungan lemak pada tetelan sapi akan memberikan cita rasa yang lebih nikmat, gurih dan lezat. Yuk, simak resep cara memasak rawon tetelan sapi di bawah ini!

 

Bahan-Bahan :

- 350 gr daging sapi tetelan

- 1.500 ml air

- 1 1/2 sdm garam

- 1 batang serai ambil putihnya, lalu memarkan

- 1 sdt gula pasir

- 4 lembar daun jeruk buang tulangnya

- 1 batang daun bawang (potong 1 cm)

- 1/2 sdt merica bubuk

- 2 sdm minyak untuk menumis

 

Bumbu Halus :

- 8 butir bawang merah

- 1 cm kunyit bakar

- 3 buah keluak seduh

- 3 siung bawang putih

- 3 butir kemiri sangrai

 

Bahan Sambal Rawon :

- 10 buah cabai rawit merah, rebus

- 1/2 sdt garam

- 2 sdt terasi, dibakar

- 1/2 sdt gula pasir

- 10 buah cabai merah keriting, direbus

 

Cara Memasak Rawon Tetelan Sapi :

- Langkah pertama, siapkan sebuah pisau dan tatakan. Kemudian potong daging tetelan sapi dengan ukuran yang kecil, atau bisa satu santapan.

- Masukkan bahan ini ke dalam wadah lalu sisihkan sementara sebelum dicampurkan bersama bahan-bahan lainnya sampai merata. Kemudian haluskan bumbu yang harus dihaluskan.

- Setelah semuanya siap, selanjutnya kita mulai akan memasak rawon tetelan sapi.

 

Cara Membuat Rawon Tetelan Sapi :

- Siapkan sebuah panci dan air di dalamnya. Kemudian masukkan potongan daging tetelan sapi yang sudah dipotong-potong ke dalamnya. Rebus tetelan sapi hingga matang dan empuk. Taburi dengan sedikit garam untuk memberikan rasa pada tetelan sapi yang kita rebus.

- Setelah selesai selanjutnya angkat tetelan sapi dan taruh di dalam wadah. Selanjutnya takar kuah kaldunya menjadi 1 liter, lalu sisanya dibuang saja. Kemudian didihkan kembali kaldu yang telah kita pisahkan tadi.

- Tuangkan minyak ke dalam wajan sedikit saja. Selanjutnya panaskan sebentar serta masukkan bumbu halus, daun jeruk dan serai ke dalamnya. Aduk-aduk merata semua hingga tercium harumnya.

- Bila tumisan bumbu telah matang kemudian masukkan ke dalam rebusan kaldu yang sedang dimasak bersama tetelan sapi. Kemudian aduk-aduk hingga merata.

- Selanjutnya masukkan potongan daun bawang ke dalamnya lalu aduk-aduk. Masukkan garam, merica bubuk serta gula pasir. Kemudian aduk-aduk.

- Test rasa, jika sudah pas angkat dan sajikan di dalam wadah. Untuk membuat sambal rawon, kita hanya perlu mencampurkan semua bahan lalu uleg hingga halus.

 

Saran penyajian rawon tetelan sapi :

Sajikan rawon tetelan sapi bersama dengan sambal yang telah kita buat. Nikmati selagi masih hangat, tambahkan taoge, bawang goreng dan beri kucuran jeruk nipis.

 

Nah itulah resep cara membuat rawon tetelan sapi yang lezat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dipraktekkan di rumah ya bunda!

 

Baca juga : Resep Brongkos Ayam Nikmat dan Lezat

LihatTutupKomentar