-->

Cara Memasak Tiwul Instan, Mudah dan Praktis

cara memasak tiwul instan

Cara Memasak Tiwul Instan, Mudah dan Praktis

Tiwul merupakan bahan makanan yang terbuat dari singkong. Proses pembuatan tiwul memerlukan waktu yang cukup lama. Tapi sekarang sudah ada yang praktis yaitu tiwul instan.

 

Tiwul instan kini sudah banyak ditawarkan di supermarket atau swalayan. Jadi kita tidak perlu repot untuk memulai proses dari awal. Tiwul instan atau kering dapat dijadikan pilihan alternatif sebagai pengganti beras. Selain itu juga dapat diolah menjadi berbagai makanan yang lezat.

 

Nah kali ini rasalapar.com akan membagikan cara memasak tiwul instan. Hanya dengan beberapa langkah mudah, maka sudah tercipta makanan yang nikmat dari tiwul instan ini. Yuk simak berikut ini!

 

Bahan-bahan :

- 1 bungkus Tiwul instan

- 1/2 butir kelapa parut

- 1/4 sdt garam halus (opsional)

- Daun pisang

- 250 ml air Mateng

 

Cara Memasak Tiwul Instan :

- Siapkan tiwul instan, terdapat beberapa varian, pilih sesuai selera.

- Tuangkan 1 bungkus tiwul instan ke dalam wadah yang sudah dipersiapkan.

- Campur dengan 250 ml air dan juga garam, aduk sampai tercampur dan tiwul menjadi lembab.

- Siapkan dan panaskan kukusan serta lapisi alasnya dengan menggunakan daun pisang.

- Masukkan tiwul ke dalam kukusan, kukus selama kurang lebih 15 menit.

- Tiwul instan siap di nikmati dengan toing parutan kelapa atau sesuai selera misalnya keju, saus coklat atau bisa juga gula merah.

 

Nah itulah cara memasak tiwul instan, sangat mudah dan praktis. Kita tidak perlu repot membuat hidangan tiwul ini dari yang awalnya singkong. Cukup kita beli kemasan tiwul instan ini.

 

Proses Singkat Pembuatan Tiwul Agar Tahan Lama

1. Pemilihan Singkong Yang Bagus

Pemakaian singkong bisa berpengaruh pada daya tahan tiwul. Jika ingin menghasilkan tiwul yang awet dan tahan lama, maka harus menggunakan singkong yang benar-benar bagus. Ciri singkong yang bagus yaitu kulitnya berwarna kemerahan serta umbinya berwarna putih serta tidak kebiruan atau kehitaman.

 

2. Proses Pengeringan

Kunci untuk menghasilkan tiwul instan yang awet adalah proses pengeringan gapleknya. Sebaiknya gaplek yang akan dibuat menjadi tiwul instan memang benar-benar sudah kering. Jika tidak maka tepung ataupun tiwul nantinya akan menimbulkan bau tidak enak. Proses penjemuran perlu dilakukan dua kali, yaitu ketika gaplek masih berbentuk irisan singkong dan juga setelah proses penggilingan.

 

Lama penjemuran setiap tahapannya tersebut selama 5 hingga 7 hari, tergantung dengan cuaca. Pastikan gaplek atau tepung tiwul benar-benar kering. Proses pencampuran bahan dan cara memasak tiwul juga perlu diperhatikan supaya hasilnya lembut dan empuk.

 

Nah itulah proses pembuatan tiwul, jadi kalian juga memahami betapa pembuatan tiwul memakan proses yang tidak sebentar. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita. Jangan lupa share ya!

 

Baca juga : Resep Perkedel Singkong Yang Enak

LihatTutupKomentar