-->

Inilah Cara Memasak Lompong Agar Tidak Gatal dan Enak

 


Inilah Cara Memasak Lompong Agar Tidak Gatal dan Enak

 

Apa itu lompong? Lompong adalah batang talas yang bentuknya panjang serta teksturnya empuk mirip spons. Batang lompong meiliki banyak gizi serta bisa diolah menjadi masakan yang sangat lezat, diantaranya bobor, lodeh, tumisan dan macam lainnya. Tetapi tidak semua orang suka memasak lompong, karena kalau tidak tahu caranya bisa jadi gatal saat dikonsumsi. Penyebab rasa gatal itu sendiri karena kandungan asam oksalat yang ada pada batang lompong. Sebenarnya cara memasak lompong agar tidak menyebabkan gatal sangat mudah, hanya membutuhkan tips berikut ini.

 

Pilihlah Lompong Yang Masih Muda

Sebagaimana sayuran pada umumnya, bagian lompong yang enak dan bagus untuk diolah sebagai sayuran yaitu bagian yang muda atau bagian atas. 

 

Kupas Kulit Luar Lompong

Sebelum diolah, kupas dahulu kulit luar lompong sampai bersih. Cara ini membuat lompong jadi lebih lembut dan tidak keras, tapi juga dipercaya dapat menghilangkan getah yang menyebabkan gatal.

 

Remas Lompong Menggunakan Air Garam

Setelah dikupas, potong-potong lompong sesuai selera, lalu remas-remas lompong menggunakan garam. Lalu diamkan sampai sekitar 10 menit, baru kemudian cuci sampai bersih.

 

Rebus Lompong dan Buang Air Rebusan Pertamanya

Pertama tama, panaskan air sampai mendidih, lalu masukkan lompong dan masak sampai agak empuk. Kemudian buang air rebusan pertamanya yang mengandung getah, kalau perlu peras sampai air hilang.

 

Masak Lompong Dalam Suhu Tinggi

Cara berikutnya agar lompong tidak gatal yaitu bumbui lompong dan masak lompong pada suhu tinggi sampai matang. Jangan sampai setengah matang atau kurang matang, karena masih membuat lompong jadi gatal.

 

Ternyata Cara Memasak Lompong Agar Tidak Gatal dan Enak sangat gampang. Setelah membaca cara-cara diatas, pastinya bunda tidak ragu lagi memasak lompong. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa share ya bunda.


Baca juga : Cara Memasak Bobor Adas

LihatTutupKomentar