-->

Resep Jipang Bihun (Kremes Bihun)



Manfaatin bihun nganggur nih, bosen dibikin bihun goreng. Akhirnya kepikiran  dibikin kue jipang bihun, snack jadul yang teksturnya renyah dengan rasa yang manis dan asem seger. Biasanya dicetak di nampan/ loyang kotak lalu dipotong  kecil persegi panjang. Tapi berhubung aku males motonginnya jadi kuenya aku cetak satu2 dilubang snack maker. 

Kalau mau hasilnya lebih cantik bihunnya bisa dibagi jadi beberapa bagian, begitupun gula dan airnya. Masak secara bertahap tiap bagian dan beri pewarna yg berbeda. 

Resep Jipang Bihun (Kremes Bihun)

Bahan : 
250 g bihun ( boleh bihun beras atau bihun jagung, aku pakai bihun beras
180 gr gula pasir 
150 ml air 
1 buah jeruk nipis ukuran sedang, ambil airnya 

Cara Membuat Jipang Bihun (Kremes Bihun) :
- Bihun diurai dan diremas sampai tidak ada yang bergumpal. 
- Panaskan minyak dg api sedang cenderung besar. Setelah minyak benar2 panas masukan bihun secukupnya lalu goreng sampai mengembang, angkat, tiriskan. Lakukan sampai bihun habis digoreng. Sisihkan 
- Masak air dan gula sampai gula larut dan mendidih. Masukan pewarna dan air perasan jeruk nipis, masak sampai berbuih dan mengental. 
- Matikan api, masukan bihun goreng, aduk cepat sampai tercampur rata. Cetak dalam keadaan masih panas, saya pakai cetakan kue lumpur bisa juga pakai cetakan kue talam atau nampan / loyang kotak lalu dipotong potong. 
- Masukan bihun ke dalam cetakan lalu tekan dan ratakan, harus gerak cepat yaa supaya bihun gak keburu dingin dan mengeras. Keluarkan dari cetakan, biarkan sampai dingin. Lalu masukan ke dalam wadah yang tertutup rapat.


LihatTutupKomentar