Selain Tenggiri, Inilah Jenis Ikan Yang Cocok Untuk Bahan Pempek



Selain Tenggiri, Inilah Jenis Ikan Yang Cocok Untuk Bahan Pempek

Pempek termasuk makanan asli dari Indonesia yang banyak diminati karena rasanya segar serta gurih, ini merupakan perpaduan antara kuah dengan pempek yang terbuat dari ikan. Banyak dari kita yang mengenal pempek terbuat dari ikan tenggiri. Tetapi tahukah bunda, bahwa pempek juga dapat dibuat dari jenis ikan lain? Lalu ikan apa saja yang paling cocok untuk dibuat pempek? Yuk mari kita simak.

 

1. Ikan Belida

Sebenarnya ikan belida yang pada awal mulanya merupakan bahan utama pembuat pempek. Tetapi karena sungai habitatnya semakin rusak, ikan ini pun jadi susah ditemukan. Namanya memang diambil dari nama salah satu sungai di Sumatera Selatan. Selain di Sumatera, jenis ikan belida ini juga bisa ditemukan di Kalimantan, Jawa, serta semenanjung Malaysia. Ikan belida juga dapat menjadi bahan baku untuk membuat kerupuk kemplang khasPalembang

 

2. Ikan Gabus

Ikan gabus yang juga hidup di air tawar ini mempunyai kandungan albumin, salah satu jenis protein yang tinggi serta berfungsi baik untuk menyembuhan luka. Nilai ekonominya juga lumayan bagus. Di wilayah seperti Kalimantan dan Sumatra, ikan gabus sering diasinkan sebelum menjadi bahan makanan.

 

3. Ikan Tenggiri

Walaupun ikan laut seringkali berasa amis ketika diolah menjadi pempek, tetapi tidak dengan ikan yang satu ini. Bahkan kini setelah ikan belida jarang ditemukan, ikan tenggirilah yang sering diolah sebagai bahan utama pembuat pempek. Rasanya, sudah tidak usah diragukan lagi kelezatanya.

 

4. Ikan Kakap Merah

Walaupun ikan laut ini tidak gurih layaknya ikan tenggiri ketika dipakai sebagai bahan pempek, tetapi bisa juga digunakan sebagai bahan alternatif favorit.

Nah itulah beberapa jenis ikan yang bisa dipakai sebagai bahan pempek.

Baca juga : Resep Seblak Tulang Campur 

LihatTutupKomentar