Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Peralatan Dapur Enamel



Hai bunda! Peralatan dapur kita mempunyai bahan seperti enamel, stainless steel, keramik, dan macam-macam lainnya. Peralatan dapur enamel sangat disukai belakangan ini lho! Karena bahan enamel ini banyak kegunaan dan manfaatnya.


Enamel termasuk salah satu fitur terbaru dalam peralatan rumah tangga terutama penggorengan yang mempunyai banyak sekali kelebihan. Dibawah ini kita dapat menemukan kelebihan dan kekurangan peralatan berbahan dasar enamel.


Peralatan Dapur Enamel

Bunda, perlu kita ketahui bahwa enamel adalah lapisan porcelain yang ditempelkan pada besi atau logam yang berfungsi melindungi permukaan barang dari kerusakan, memperbaiki kualitas barang dan juga mempercantik lho! Enamel ini sering digunakan pada peralatan dapur generasi terbaru walaupun kenyataannya pemakaian enamel sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Peralatan rumah tangga berbahan dasar enamel mengacu pada perabotan efektif,  efisien dan modern.


Enamel ini banyak ditemukan pada peralatan dapur seperti fry pan, saucepan,  grill pan , roaster dan lain-lain. Dibandingkan stainless steel, peralatan rumah tangga berbahan dasar enamel lebih mempunyai banyak kelebihan. Penggorengan dengan bahan dasar enamel dapat memasak berbagai jenis makanan seperti makanan tanpa minyak, sup, tumis daging,  tumis sayuran, semur dan masih banyak lagi. Peralatan dapur dengan bahan enamel ini, selain mempermudah proses memasak, juga mempunyai desian yang cantik dan unik.


Kelebihan Peralatan Dapur Enamel

Enamel termasuk material paling modern dari berbagai peralatan rumah tangga. Terutama untuk penggorengan, enamel membuat permukaan penggorengan menjadi lebih kuat dan juga anti lengket. Jika masih ragu untuk memilih, berikut kami berikan beberapa kelebihannya :


Perlu kamu ketahui bahwa perabotan rumah tangga berbahan enamel lebih kuat dan tahan lama. Sehingga kita tidak perlu sering membeli penggorengan baru pastinya.


Selain itu perabotan dapur berbahan enamel juga mudah untuk dibersihkan. Setelah kita memasak sop, semur maupun gorengan, kita hanya perlu mengelapnya  saja dengan busa ataupun spoon yang sudah dibasahi, mudah dan praktis kan!


Peralatan berbahan enamel juga dapat dianggap sebagai barang mewah karena desainnya yang elegan. Selain itu peralatan berbahan enamel juga tidak beracun sama sekali sehingga sangat aman digunakan untuk berbagai keperluan didalam rumah.


Kekurangan Peralatan Dapur Enamel

Sekarang waktunya membahas kekurangannya. Peralatan berbahan enamel sesungguhya bukan termasuk peralatan yang sempurna, sehingga kita masih akan menemukan kekurangannya.

Biasanya perabotan berbahan dasar enamel lebih berat daripada perabotan lainnya yang sejenis.

Wajan enamel agak lama untuk panas seutuhnya, tetapi wajan enamel mempunyai panas yang lebih merata.


Walaupun kuat, peralatan berbahan dasar enamel juga dapat terkelupas terutama karena gesekan dengan peralatan berbahan logam


Setelah mengetahui beberapa kekurangannya, kita tidak perlu khawatir.  Saya akan memberikan tips cara merawat peralatan dapur berbahan enamel berikut ini.


Musuh utama peralatan dapur enamel yaitu karat. Karat ini muncul kalau lapisan enamel terkelupas akibat tergores ataupun jatuh. Maka cara gampang untuk merawatnya adalah menghindari benturan atau terjatuh. Setelah dicuci menggunakan air sabun hangat, segera tiriskan kemudian lap sampai benar-benar kering. Karena, air yang tersisa di sela-sela peralatan dapat menimbulkan karat lho. Jangan lupa untuk menyimpan di tempat yang kering.

Jangan lupa share artikel ini ya!



ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post