Beberapa Kesalahan Dalam Membuat Bolu Yang Harus Diketahui

 



Beberapa Kesalahan Dalam Membuat Bolu Yang Harus Diketahui

 

Kue bolu yang bantat siapa ya yang mau makan? Kita pasti sedih jika sudah bersusah payah membuat kue bolu, dan menunggu hasil akhir untuk dimakan, dan ternyata hasil kue bolu yang bantat dan tidak mengembang sempurna. Kita perlu perhatikan beberapa hal untuk mendapatkan hasil kue bolu yang bagus dan maksimal. Yuk simak tips berikut ini!

 

Pertama, Perhatikan Seluruh Suhu Bahan

Kita tidak boleh meremehkan tentang suhu bahan yang akan diolah. Dimulai dari telur. Telur yang biasa kita simpan di dalam kulkas, jangan langsung diolah ya bunda. Biarkan dulu suhu dinginnya menurun di dalam ruangan. Karena telur yang masih dingin akan susah mengembang dan akan menjadi salah satu penyebab bolu yang kita buat menjadi bantat. Selanjutnya margarin, yang biasa kita simpan di dalam kulkas, lelehkan dahulu di wajan menggunakan api kecil. Lalu, tunggu hangat dulu, baru boleh dipergunakan ke dalam adonan.

 

Kedua, Perhatikan Cara Mengolah Bahan

Hal terpenting dalam proses pembuatan bolu yaitu mengocok telur. Kita harus memastikan telur yang kita kocok mengembang dengan sempurna. Kocok telur kurang lebih 15 menit untuk menghasilkan 4 butir telur yang mengembang dengan sempurna. Kita dapat mencoba tips dengan memisahkan putih telur dan kuning telur. Pastikan kita memakai mixer yang memudahkan untuk membuat bolu dengan praktis ya!

 

Ketiga, Perhatikan Tepung Terigu

Tepung terigu yang dipakai untuk diolah harus sudah kering dan telah dijemur terlebih dahulu. Manfaatnya apa? Hal ini dilakukan agar tepung tidak menggumpal pada kue bolu yang telah kita buat. Kita menghindari untuk memakan tepung-tepung yang masih menggumpal tersebut! Jadi, jangan sampai kita memakai tepung terigu yang masih basah, hal ini dapat membuat tepung tidak mengembang dengan sempurna ketika dipanggang.

 

Keempat, Perhatikan Oven

Pemanggangan kue bolu kadang  luput dari perhatian kita. Pakailah oven yang sudah panas, atau terlebih dahulu dinyalakan. Kadang-kadang kita sering lupa, sehingga kita memasukkan adonan ke dalam oven yang belum panas sempurna. Kalau adonan tidak langsung masuk ke oven yang panas dan didiamkan terlalu lama maka adonan akan menjadi bantat. Selain itu, suhu yang sesuai untuk memangang kue bolu adalah 180 derajat celsius dan harus tepat agar bolu bisa mengembang sempurna. Jadi, pilihlah oven yang mempunyai pengatur atau petunjuk suhu agar dapat mengontrolnya dengan gampang.

 

Kelima, Perhatikan Kematangan Kue

Proses akhir ini harus menjadi perhatian kita, yaitu memastikan kematangan kue bolu. Kita bisa  menusukkan sebatang lidi atau tusuk gigi yang bersih ke tengah bagian kue bolu yang sedang kita panggang. Kalau lidi yang kita tarik tidak lengket, berarti kue bolu sudah matang dan siap untuk diangkat dari oven. Saat akan dipotong pastikan kue bolu dalam keadaan dingin. Kalau tidak, potongan kue bolu bisa berantakan.

 

Segera praktekkan di rumah ya, jangan sampai momen pembuatan kue bolu demi orang terdekat menjadi berantakan. Dan yang terakhir, tips dari kami adalah jangan cepat putus asa saat memasak. Jangan lupa share ya bunda.


ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post