-->

Jangan Buang Ampas Kopi, Inilah Beberapa Manfaat Ampas Kopi



Manfaat Ampas Kopi Yang Belum Kamu Ketahui

Minum kopi memang telah menjadi kebiasaan kita saat pagi hendak aktivitas, atau sore hari ketika menikmati waktu santai. Biasanya setelah meminum secangkir kopi, ada ampas kopi yang tertinggal di dasar cangkir. Sebaiknya ampas kopi ini jangan langsung dibuang begitu saja ya, karena ampas kopi ternyata mempunyai banyak manfaat lho. Mari kita simak ulasan berikut.

 1. Ampas Kopi Dapat Mengusir Hama dan Menyuburkan Tanah
Ampas kopi mempunyai bau khas yang dapat membuat hama enggan untuk hinggap pada tanaman. Jadi kita bisa memanfaatkannya untuk melindungi tanaman dari gangguan hama. Taburkanlah ampas kopi di sekeliling kebun untuk mengusir hama tanaman.

Tetapi bukan hanya itu, ampas kopi juga dapat diolah menjadi pupuk kompos lho. Tetapi yang bisa digunakan bukanlah ampas kopi baru, namun ampas kopi yang telah lama dan terurai. Campurkan daun-daunan, ampas kopi, dan rumput segar.  Diamkankan beberapa lama sampai menjadi pupuk kompos.

 2. Ampas Kopi Dapat Menutupi Goresan Pada Furnitur Kayu
Furnitur kita yang biasanya terbuat dari kayu sangat rentan kena goresan hingga berlubang karena rayap. Nah, ampas kopi ini dapat digunakan untuk membuat furnitur kembali terlihat seperti baru. Caranya adalah dengan mencampurkan ampas kopi, air hangat, dan cuka. Lalu gosokkan campuran ini ke permukaan furnitur yang memiliki goresan.

 3. Ampas Kopi Dapat Menghilangkan Bau Tidak Sedap Di Kulkas
Zat yang terkandung dalam ampas kopi dapat berfungsi sebagai deodorizer yang bisa menghilangkan bau tidak sedap. Caranya adalah dengan menaruh mangkuk berisi ampas kopi di dalam kulkas, dengan ini bau-bau tidak sedap di dalam kulkas tidak akan tercium lagi.

 4. Ampas Kopi Dapat Digunakan Untuk Membersihkan Peralatan Makan
Mencari alternatif lain untuk membersihkan alat makan? Bunda dapat menggunakan ampas kopi. Walaupun kelihatannya hanya akan membuat peralatan makan terlihat kotor, tetapi nyatanya ampas kopi malah dapat untuk membersihkan. Warna hitam alami pada bubuk kopi itu telah larut saat kita menyeduhnya, dan saat menjadi ampas, kopi hanya meninggalkan serbuk dengan tekstur yang kasar. Jadi kita bisa memanfaatkan ampas kopi untuk mencuci piring dan membersihkan alat memasak lainnya.

 5. Membuat Motif Pada Kertas Dengan Ampas Kopi
Bagi kalian yang punya jiwa seni tinggi, yuk manfaatkan ampas kopi, misalnya membuat berbagai motif pada kertas. Ampas kopi pun dapat menjadi sebuah karya yang memiliki nilai jual lho. Tergantung bagaimana kamu memanfaatkannya untuk karyamu.

Nah, itulah berbagai manfaat dari ampas kopi, jika kamu selama ini selalu membuangnya, tidak ada salahnya mulai sekarang memanfaatkannya. Sayangkan kalau dibuang begitu saja. Semoga bermanfaat.



LihatTutupKomentar