Beberapa Cara Memotong Bawang Tanpa Acara Menangis



Beberapa Cara Memotong Bawang Tanpa Acara Menangis

Ketika kita memotong bawang, kita pasti mengalami reaksi pada bagian mata. Entah bagaimana asalnya, tiba-tiba mata terasa pedih dan mengeluarkan air mata dengan sendirinya. Mata kita menangis karena bawang mengandung sulfur yang bisa menguap saat kita mengirisnya, sehingga banyak orang enggan berurusan dengan bumbu dapur satu ini, terutama bawang bombai dan bawang merah. Selain itu, bawang mempunyai bau yang tajam dan sulit dihilangkan.

Banyak sekali tips bermunculan di internet yang membahas bagaimana cara mengurangi rasa perih di mata ketika memotong bawang. Nah berikut ini beberapa cara yang sudah diujikan oleh beberapa jurnalis. Manakah cara yang paling ampuh ya bunda. Mari kita simak ulasan berikut.

1. Memotong Bawang Dengan Memakai Kacamata Renang
Cara ini merupakan yang paling ampuh, tetapi sedikit lucu. Menggunakan kacamata renang bisa menghindarkan mata dari efek pedih ketika memotong bawang. Tetapi tetap saja, seperti aneh ya? Memakai kacamata renang saat berada di dapur, seperti mau renang saja.

2. Memotong Bawang Sambil Mengunyah Permen Karet
Cara yang lain adalah dengan cara mengunyah permen karet. Banyak sumber mengatakan kalau cara ini lumayan ampuh untuk mengurangi rasa pedih saat mengiris bawang, benarkah? Ketika diuji coba, Nyatanya cara ini tidak mempunyai keberhasilan seperti saat memakai kacamata renang, akan tetapi dapat mengurangi efek pedihnya dan mata tidak menjadi merah.

3. Membekukan Bawang Sebelum Dipotong
Beberapa sumber menyatakan, membekukan bawang sebelum dipotong bisa mengurangi proses pelepasan enzim ke udara, artinya bisa memperlambat zat sulfur untuk menguap. Tetapi ketika dilakukan uji coba, cara ini tidak begitu efektif sepertinya.

4. Merendam Bawang Sebelum Dipotong
Sulfur adalah suatu zat yang bisa larut dengan air. Oleh karena itu merendam bawang terlebih dahulu dikatakan bisa mengurangi rasa pedih ketika memotongnya. Tetapi, lagi-lagi cara ini kurang begitu efektif. Bahkan, mata masih saja menangis dan memerah.

5. Menyalakan Lilin Saat Memotong Bawang
Cara ini dirasa cukup unik, karena seperti sebuah mitos saja. Menyalakan lilin saat memotong bawang dipercaya bisa mengurangi rasa pedihnya. Tetapi setelah diuji, cara ini sangat tidak efektif dan masih menyebabkan mata perih hingga memerah dan juga menangis.

ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
 

Delivered by FeedBurner