-->

Inilah Cara Membersihkan Bulu Bebek Dengan Hasil Sangat Bersih



Inilah Cara Membersihkan Bulu Bebek   

1. Cara Tradisional
Setelah menyembelih bebek, masukkan bebek ke dalam air mendidih selama kira-kira 15 menit agar bulunya mudah dicabuti. Untuk membersihkan bulu halus pada bebek adalah dengan cara membakar bebek di atas bara selama kira-kira 10 menit. Lalu bebek disikat dengan sabun supaya bau amisnya hilang, setelah itu cuci dengan air hangat sampai bersih. Setelah bersih maka bebek siap untuk dmasak.

2. Cara Barat
Setelah menyembelih bebek dan dicabuti bulunya kemudian seluruh permukaan kulit ditusuk-tusuk dengan garpu agar lemak yang berada di bawah kulit hancur. Cara ini dimaksudkan agar mengurangi bau amis. Agar lemak benar-benar hancur maka bebek lalu akan disiram lagi dengan air mendidih. Apabila bebek ingin dipanggang, sebaiknya disekitar dada ditutup menggunakan kertas yang diminyaki (diberi mentega) lebih dulu supaya tidak gosong.

Ketika mencabuti bulu bebek, harus direndam dulu ke dalam air yang tidak terlalu panas. Karena kalau airnya panas justru akan membuat daging menjadi overcook saat dimasak dan tidak lagi ‘juicy’ dan teksturnya pun cenderung keras.

Tips Mencabut Bulu Bebek
Caranya adalah dengan  mencelupkan bebek terlebih dahulu dalam air sabun seperti mencuci pakaian. Ketika dicelupkan dalam air sabun, bunda bisa sambil meremas atau mengurus bagian bulu bebek agar air sabun benar-benar meresap. Kalau sudah benar-benar basah dengan air sabun, bunda bisa memasukkan bebek ke dalam air panas. Dengan cara seperti ini, proses mencabut bulu bebek jadi lebih mudah dan efisien.

Ada hal lain yang merepotkan dari proses mencabuti bulu bebek, yaitu tersisanya bulu-bulu halus pada karkas bebek. Bulu halus ini biasanya tersisa lumayan banyak di bagian ekor atau brutu. Bunda tidak usah khawatir, sebab ada beberapa cara untuk menghilangkan bulu-bulus halus pada bebek. Berikut beberapa langkahnya.

Cara Menghilangkan Bulu Halus pada Bebek
1. Memakai Lilin Batik/Malam
Usahakan karkas bebek dalam keadaan kering, lalu celupkan sekujur tubuhnya dalam lilin batik/malam yang panas. Langsung angkat lagi dan celupkan dalam air biasa. Kemudian kupas bersih sisa malam yang menempel di karkas dan daging bebek pun bersih dari sisa-sisa bulu halus serta siap untuk dimasak.

2. Garang Di Atas Kompor
Cara lain yang tidak kalah mudah adalah dengan menggarang bebek di atas api kompor hingga bulu halusnya habis terbakar dan kulitnya sedikit kering. Lalu cabuti bulu halus yang masih ada dengan menggunakan pinset.

Semoga bermanfaat


LihatTutupKomentar